Siswa SDN 1 Alas Raih Perunggu Pada OSN Tingkat Nasional

Date:

Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com – Muhammad Fadhlurrahman siswa SDN 1 Alas Kecamatan Alas berhasil meraih medali perunggu mata pelajaran matematika Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yg dilaksanakan di Jokjakarta 30 Juni sd 6 Juli 2019.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa Sahril, S.Pd.,MPd dalam siaran persnya, Jum’at (05/07/2019) memberikan apresiasi atas presitasi tersebut.

Sahril mengatakan, bahwa prestasi ini membuktikan anak anak SD Kabupaten Sumbawa mampu sejajar dengan siswa lainnya di Indonesia. Hal ini menunjukkan seluruh sistem yang ada telah berjalan secara efektif mulai dari sekolah hingga tata kelola di tingkat Dinas Dikbud.

Prestasi seperti ini dapat terjadi manakala sekolah mampu untuk menggerakkan seluruh sumber daya yg ada terutama para guru dan dukungan masyarakat terutama orang tua. Prestasi seperti ini tidak akan datang dengan mudah, tetapi butuh sistem yg baik di sekolah, leadership yg efektif, konsistensi pembinaan dari guru pembina dan juga peran peran yang dilakukan oleh masyarakat khususnya orang tua siswa, Jelasnya.

Untuk itu, kata Sahril, hendaknya ini dijadikan best practice bagi sekolah lainnya jjka ingin mengukir prestasi di level nasional. Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru dalam mempersiapkan kompetisi srperti ini adalah deteksi dini potensi siswa sejak kelas rendah sehingga dapat dilakukan pembinaan berkelanjutan.

Hal penting lainnya yang ikut mendukung capaian prestasi seperti ini adalah keperpihakan anggaran sekolah yang pro mutu dan punya target kinerja anggaran sekolah yang jelas.

Kepada siswa yang telah mengharumkan nama NTB khususnya Kabupaten Sumbawa, Kadis Dikbud menyatakan penghargaan dan apresiasi, seraya berharap agar perolehan ini dapat dijadikan motivasi bagi anak anak lainnya di masa yang akan datang.

Kepada guru pembina juga disampaikan apresiasi atas kerja kerasnya, mampu menempatkan siswa binaan meraih prestasi bergengsi di tingkat nasional. Khusus kepada orang tua, tentunya prestasi ini adalah buah dari bimbingan dan perhatian serius dalam mendidik anak di rumah, dan juga memberi support dan doa untuk keberhasilan ini.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kab. Sumbawa, Junaidi.,S.Pd.,M.Pd menyampaikan bahwa Kabupaten Sumbawa telah 3 kali meraih medali perunggu tingkat nasional, OSN IPA tahun 2012, matematika tahun 2015. dan tahun ini kembali meraih perunggu mata pelajaran matematika.

Raihan ini tentunya akan dijadikan pijakan untuk tahun akan datang setidaknya dapat mempertahankan prestasi dan tidak menutup kemungkinan akan mencapai prestasi yang lebih baik di tahun tahun mendatang. harapnya.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan evaluasi pola pembinaan OSN agar ditemukan pola efektif dalam pembinaan sesi eksperimen untuk IPA dan eksplorasi mata pelajaran matematika. tandasnya. (ks/hamu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...