18 Juli 18 Desa Gelar Pilkades

Date:

kabarsumbawa.com – Hari ini sesuai dengan jadual yang ditetapkan, dilakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 18 desa di Kabupaten Sumbawa. Pilkades serentak dilakukan diantaranya Desa Tatede Kecamatan Lopok, Desa Ranan Kecamatan Ropang,Desa Dete Kecamatan Lape dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas.

“Kita sudah koordinasi dengan penjabat kades dengan camat dan dengan panitia pemilihan kades. Kita berharap dengan persiapan-persiapan yang kita lakukan, mudah-mudahan semuanya berjalan baik,” kata Dr. Ikhsan Safitri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa di ruang kerjanya, Selasa (17/07).

Menurutnya, sebelum pemilihan, telah dilakukan seleksi tambahan kepada bakal calon kepala desa dari beberapa desa, yang jumlahnya lebih dari lima. Yakni Desa Ranan awalnya 8 bakal calon, Desa Dete Kecamatan Lape dan Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas masing-masing 6 bakal calon.

“Menurut ketentuannya bila lebih dari lima maka dilakukan seleksi tambahan. Untuk menggugurkan kelebihannya dan jumlahnya maksimal lima bakal calon kades,” ujarnya, juga mengatakan, seleksi tambahan dilakukan oleh tim independen bersama akademisi.

Dijelaskan, seleksi tambahan tersebit dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan pilkades itu sendiri. “Pilkades ini bolanya ada di desa. Bukan dikecamatan atau di kabupaten. Penyelenggaranya ada di desa kita dan kecamatan hanya memfasilitasi,memantau, aktornya penyelenggaranya ada di desa,” katanya.

Terkait PAW kepala desa, ia menegaskan, sejauh ini hanya desa Perung Kecamatan Lunyuk yang telah melaksanakan PAW, dan berjalan dengan sukses. “Baru perung saja. Kita berharap yang PAW lagi. Saya dengar-dengar ada juga kades yang akan mengajukan pengunduran diri. Karena ada juga kades yang mendaftarkan diri menjadi bacaleg. Karena seperti kita tahu ini musimnya caleg,”jelasnya. (ks/adm)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...