Bimtek e-Sakip, Upaya Pemkab Sumbawa Wujutkan Good Governance

Date:

Bimtek E-Sakip
Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah

Sumbawa Besar, KS – Dalam upaya mewujudkan misi pembangunan Kabupaten Sumbawa yaitu “mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan professional, sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance), Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung, menggelar Pendampingan dan Bimbingan Teknis E-Sakip pada Kamis siang (19/4) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Sumbawa, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab. Sumbawa, Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kab. Sumbawa, Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Kota Bandung beserta jajaran.
Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam menyampaikan bahwa sesuai area perubahan reformasi birokrasi, bahwa salah satu lokusnya adalah mengarahkan agar seluruh instansi pemerintah dapat mewujudkan birokrasi yang efisien, yang diantaranya dapat ditunjukkan melalui penggunaan anggaran yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat. Terkait hal itu, yang perlu dipahami oleh setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut, antara lain adalah memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program/kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan, dan memastikan bahwa penghematan anggaran dilakukan hanya dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang tidak penting atau tidak mendukung kinerja instansi.
Sejalan dengan hal tersebut, maka setiap instansi pemerintah harus menerapkan e-government dalam membantu pelaksanaan tugas, menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran, serta memfokuskan pelaksanaan tugas pada pencapaian kinerja, bukan pada penyusunan laporan pertanggungjawaban semata.
Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dipahami bahwa efisiensi tidak cukup hanya dengan efisiensi anggaran, tetapi juga dengan mendorong peningkatan efektivitas pemanfaatan anggaran oleh seluruh instansi pemerintah. Hal tersebut sejalan dengan asas utama penggunaan anggaran negara yang disebutkan oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara, yaitu akuntabilitas berorientasi hasil. Efisiensi dalam birokrasi hanya dapat terjadi apabila akuntabilitas dapat diwujudkan oleh birokrasi itu sendiri. Akuntabilitas yang berorientasi pada hasil/kinerja hanya akan tercapai apabila birokrasi dapat menerapkan manajemen berbasis kinerja dengan baik atau SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah).
Disampaikan pula dengan SAKIP, dapat diwujudkan efektifitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah dan juga menyusun tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil, dengan merumuskan ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta menetapkan program/kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai, dan melaksanakan rincian atas kegiatan tersebut sesuai dengan maksud kegiatan. “Mengamati keberhasilan dan praktek di Kota Bandung, kita melihat bahwa Pemerintah Kota Bandung telah melangkah lebih ke depan, sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Pemerintah Kota Bandung dikenal sebagai daerah dengan e-government cukup baik di Indonesia. Pengembangan sistem pemerintahan berbasis elektonik sendiri sudah dimulai sejak lama, beberapa kebijakan dan inisiatif telah dilakukan untuk meningkatkan dan mempercepat penetrasi sistem elektronik pemerintah di lingkungan institusi pemerintah,” lanjut Wabup.
Terkait hal tersebut, penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik merupakan suatu hal yang kompleks dan dinamis, karena tidak hanya menyangkut aspek teknologi namun juga terkait aspek manusia dan juga proses bisnis. Oleh karena itu, melalui kerjasama yang telah dilakukan ini, harus dipastikan bahwa setiap aspek yang terkait dalam penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik berjalan dengan saling bersinergi dan terintegrasi satu sama lain. Ini adalah komitmen yang perlu dibangun dan kuatkan bersama ke depan.
Pendampingan dan Bimbingan Teknis E-Sakip diharapkan dapat merubah cara berfikir dalam melakukan suatu kegiatan agar dapat lebih efisien dan efektif. Dengan sharing experience, penerapan E-SAKIP nanti diharapkan dapat menggugah semangat perubahan sehingga dapat mengimplementasikannya secara maksimal di perangkat daerah masing‐masing.
Pada akhir sambutannya, Wabup menyampaikan hal terpenting yang harus disadari adalah bahwa sektor pemerintah merupakan fasilitator dan pendorong keberhasilan berbagai kegiatan pembangunan. Oleh karena itu, keberhasilan pembangunan harus didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antarinstansi melalui implementasi pemerintahan elektronik (e-government). Dan kegiatan pendampingan dan Bimtek tersebut merupakan derivasi dari “goodwill” Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang kuat terhadap penerapan teknologi pada setiap aktivitas kepemerintahan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, yaitu efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas dan fungsi semua pranata Kepemerintahan Kabupaten Sumbawa. Kegiatan tersebut penting dan sangat relevan, dikaitkan dengan kondisi nyata dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah pada umumnya. Ada korelasi antara peran teknologi dengan kinerja pemerintah. Semakin tinggi penerapan teknologi yang dijalankan oleh pemerintah, maka semakin efektif pula pencapaian kinerja pemerintah. Hipotesis ini harus dijawab dan dibuktikan, bahwa peran teknologi memiliki kontribusi bagi terciptanya kinerja pemerintah yang optimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Diskusi Bersama Pelaku Seni, Jubir Kemenlu RI Iqbal Dorong Sekolah Tinggi Kesenian Hadir di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu...

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Di penghujung tahun 2023, sekali lagi...

Bank Sampah Pemuda Berbagi Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bank Sampah Kelompok Pemuda Berbagi asal...

Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik I ITKP di Anugerah Pengadaan 2023

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia...