Tumbuhkan Minat Baca, Arpusda Gelar Lomba Bercerita

Date:

Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani
Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani

Sumbawa besar, kabarsumbawa.com -Upaya menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca, Dinas Perpustakaan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sumbawa menggelar lomba bercerita, menggambar dan mewarnai untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), Senin (2/4/2018) di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Hadiri pada acara tersebut Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Camat, Kepala Sekolah, para Guru dan Tokoh Budaya

Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa, Ir. Mustafa menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kegiatan lomba Bercerita adalah untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media. Selain itu juga untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan kesatuan serta nasionalisme dan menarik minat baca anak-anak tentang buku cerita. Lomba tersebut diharapkan mampu menumbuh kembangkan kecintaan akan budaya nasional dan membiasakan melatih anak untuk hidup cerdas, mempunyai mental kreatif serta kompetensi.
Lomba Bercerita dilaksanakan dari tanggal 2 s.d. 5 April 2018, sementara untuk lomba Menggambar dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 bertempat.

Baca juga:  Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

Untuk lomba Bercerita diikuti 19 peserta putra/putri sedangkan lomba Menggambar diikuti oleh 300 peserta putra/putri.

Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan Ir. A. Yani menyatakan buku adalah jendela dunia, begitulah cerminan yang mengingatkan pentingnya membaca buku untuk memperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan. Dikatakan bahwa buku hanya akan menjadi barang mati yang tidak berguna apabila tidak dibaca. Jika menginginkan keluarga dan anak-anak menjadi generasi yang berpengetahuan luas, maka sebagai orang tua berkewajiban untuk membentuk kebiasaan dan kecintaan membaca buku sejak dini bagi anak-anak.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan lomba bercerita dan lomba menggambar pada dasarnya merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam rangka menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan membaca sejak dini bagi anak-anak. Dengan membaca, anak-anak dapat bercerita secara sempurna, bahkan dapat mengasah talenta anak-anak dalam mengekspresikan informasi yang diterima menjadi sebuah cerita dan gambar yang menarik.

Baca juga:  Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

“Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wahana kita untuk menjaring serta menciptakan siswa-siswi yang berbakat dan berkualitas, sehingga nantinya siap berkompetisi dalam event yang lebih besar dengan skala yang lebih luas” ujarnya

Bupati berharap agar terus melaksanakan program untuk menumbuhkan minat baca, yaitu dengan memanfaatkan keberadaan perpustakaan semaksimal mungkin. Apalagi Perpustakaan Daerah yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumbawa memiliki program “PERPUSERU” yaitu program yang diselenggarakan dalam rangka membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk diantaranya melakukan kegiatan pemberdayaan bagi kaum perempuan, remaja, dan wirausaha. Dengan demikian, masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat mengakses pengetahuan sekaligus pembelajaran dan kreativitas melalui perpustakaan. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Prestasi gelimang diraih oleh Amna...

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...

Stikes Griya Husada Sumbawa Uji Publik Calon Pansel Satgas PPKS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - STIKES Griya Husada Sumbawa laksanakan...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...