Tanggapan Komisi Dewan Terhadap Ajuan APBD 2018

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Rabu (15/11) digelar sidang Paripurna DPRD Sumbawa dengan agenda penyampaian laporan komisi terhadap Rancangan peraturan daerah Terhadap rancangan peraturan daerah Tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah  tahun anggaran 2018. Paripurna yang digelar di ruang sidang utama tersebut merupakan rapat paripurna ke-empat yang digelar terkait APBD 2018.

Komisi I DPRD Sumbawa yang diketuai Ida Rahayu,S.Ap., melalui juru bicara komisi I mengatakan, Pembahasan program dan kegiatan tahun anggaran 2018 bersama satuan perangkat daerah yang didampingi tim anggaran pemerintah daerah (TAPD), pada tahun anggaran ini merupakan pembahasan yang sangat menarik. Mengingat kondisi keuangan daerah dapat dikatakan cukup memprihatinkan, hal itu terlihat pada saat pembahasan berlangsung, hampir seluruh perangkat daerah mendapatkan pagu anggaran yang lebih rendah dari tahun-tahun anggaran sebelumnya, akibatnya ada sejumlah program dan kegiatan yang bersekala prioritas dan penting, harus ditunda pelaksanaanya.

Kondisi keuangan daerah yang demikian itu, justru membuat kami memeras otak, berfikir keras dan berfikir cerdas untuk berupaya semaksimal mungkin mengakomodir apa yang menjadi harapan perangkat daerah yang sebelumnya tidak terakomodir dalam rencana kerja anggaran (rka) mereka. Kondisi itu juga tidak mengurangi dinamika dan kejelian para anggota komisi dalam mengkritisi,  menganalisia serta mengakaji berbagai program yang diusulkan, dalam upaya untuk melahirkan program dan kegiatan yang pro kepada kepentingan rakyat.

Bahkan, yang menarik dalam proses pembahasan di komisi i, yakni terhadap program yang kami nilai sangat penting dan urgen seperti kegiatan diklat pim dan diklat teknis yang sebelumnya anggaran yang diusulkan ditolak tapd dengan alasan keterbatasan anggaran, namun karena kami menilai kegiatan tersebut menyangkut hajat hidup aparatur sipil negara kedepan, sehingga seluruh anggota komisi i dprd sumbawa bersepakat untuk memberikan dukungan anggaran yang cukup besar kepada perangkat daerah tersebut, yang anggaranya diambil dari anggaran program aspirasi, dukungan itu kami berikan sebagai bentuk komitmen dan dukungan kami terhadap penyelengaraan pembangunan di daerah ini dalam rangka menuju kabupaten sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Dari hasil pembahasan yang cukup komprehensif, disepakati dan menyetujui program dan kegiatan yang diusulkan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (BPMD), Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas), Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kesatuan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri),  Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP), Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, dan Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa, tanpa adanya rasionalisasi dan singkronisasi, tetapi hanya dilakukan pergeseran anggaran tanpa merubah pagu anggaran yang telah ditetapkan.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

“Kami menilai program dan kegiatan yang usulkan sudah realistis dan rasional serta sudah mengedepankan prinsip skala priorias, sehingga kami menyepakati agar program tersebut dapat disetujui untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 mendatang,” ujarnya.

Komisi II menegaskan, berdasarkan penjelasan dan jawaban Bupati Sumbawa terhadap APBD tahun anggaran 2018, bahwa penyusunan RAPBD 2018 tidak terlepas dari konteks kebijakan makro nasional dan prediksi tantangan pembangunan yang dihadapi. Sinergi rencana pembangunan daerah dengan rencana pembangunan nasional merupakan kunci keberhasilan implementasi sistem perencanaan pembangunan nasional.

Tahun 2018 merupakan tahun separuh jalan implementasi rencana pembangunan jangka menengah daerah. Oleh karena itu komisi ii memadang penting untuk mempertajam prioritas perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah sesuai pendekatan money follow program priority, anggaran mengikuti program prioritas

Sebagai fokus perhatian komisi ii adalah mendorong capaian 9 (sembilan) program prioritas,  terlebih khusus pada beberapa aspek, diantaranya adalah ; pengembangan agribisnis dan peningkatan produksi pangan, pengembangan produk unggulan daerah dan investasi. Untuk mendorong hal tersebut komisi ii menekankan pada upaya peningkatan pendapatan daerah sebagai pembiayaan belanja daerah.

Sedangkan Komisi III mengungkapkan, Hasil pembahasan rancangan APBD (RKA-SKPD) antara Komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa bersama mitra kerja tahun anggaran 2018 tidak mengalami perubahan. Antara lain Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Dinas perhubungan sebesar , Dinas komunikasi, Informatika dan Statistik.

Sedangkan sektor belanja, khususnya pada pos belanja yang diusulkan ke komisi, pagu anggaran sebagian SKPD tetap. Seperti Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman, Badan perencanaan pembangunan,penelitian dan pengembangan daerah, Dinas perhubungan, Dinas komunikasi, informatika dan statistic dan Dinas lingkungan hidup.

Ditempat yang sama, juru bicara Komisi IV mengungkapkan, berdasarkan hasil pembahasan dan evaluasi Komisi IV atas RKA yang diajukan oleh eksekutif, terhadap rancangan peraturan daerah  tentang anggaran  pendapatan  dan belanja daerah tahun anggaran 2018. Maka Komisi IV menilai perlu memberikan sejumlah catatan-catatan penting, berdasarkan urusan dalam lingkup mitra Komisi IV, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Baca juga:  Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ditegaskan, Sesuai dengan misi pembangunanan daerah yang meningkatan kualitas pendidikan melalui agenda aksi peningkatan mutu pendidikan, meningkatkan ketersediaan dan kompetensi guru.

“Untuk itu komisi IV meminta pada dinas pendidikan dan kebudayaan agar melakukan pemerataan guru dengan menempatkan guru hingga desa terpencil,” katanya.

Selain itu, juga melakukan pemerataan pembangunan, karena masih banyak bangunan sekolah yang tidak layak pakai dan sensitif anak. Sejatinya peningkatan mutu pendidikan terjadi jika fasilitas pendukung tersedia salah satunya bangunan sekolah yang refresentatif.

Untuk itu Komisi IV meminta pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan agar memberikan infromasi dana dak diperuntukan untuk sekolah-sekolah mana-mana saja, agar tidak terjadi penumpukan  pembangunan di sekolah yang sama. “Perlunya membuat aplikasi khusus yang berbasis it agar dapat memantau kinerja guru sehingga dapat dilakukan evaluasi mendalam terhadap kinerja guru di kabupaten sumbawa,” ujarnya.

Untuk Dinas kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah, Sebagai syarat kredisial pelayanan BPJS, maka percepatan akreditasi puskesmas terus berupaya dilakukan sehingga target yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah. Tahun 2017 sudah ada 5 pukesmas yang terakreditasi dan tahun 2019 mendatang mencapai seratus persen.

Komisi IV juga mengapresiasikan upaya tersebut. “Namun kami juga berharap jangan hanya mengejar target tanpa mempertimbangkan mutu dan kwalitas yang ada, baik sarana dan prasarana maupun sumber daya manusianya, karena ini menjadi tolak ukur dalam memenuhi standar pelayanan maksimal terhadap masyarakat,” ujarnya, juga menambahkan, Perlunya memasang CCTV pada gudang obat instalasi farmasi dinas kesehatan dalam rangka menghindari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya pencurian obat.

Selain itu, dipandang perlu memikirkan pembangunan gedung pukesmas baru di Bao Desa mengingat pukesmas Batu Lanteh tidak dapat diakses oleh masyarakat di Desa Bao Desa, Tepal, Tangkang Pulit dan desa lainnya.

“Perlu diberi memberikan penghargaan pada perawat dan tenaga medis yang telah memberikan pelayanan maksimal pada pasien dan memberikan teguran keras pada petugas medis yang tidak memberikan pelayanan maksimal pada pasien,” tegasnya. (KS/Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pimpin Apel di RSUD Sumbawa, Sekda : Wujudkan Senyum Salam Sapa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Dr....

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...