Serapan Aggaran Sumbawa Masih Level Aman

Date:

Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa
Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Akhir bulan lalu, dilakukan rapat evaluasi di Jakarta Bersama Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi APBN dan APBD (TEPRA), yang tugasnya antara lain memfasilitasi penyelesaian terhadap hambatan-hambatan yang terjadi dalam realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pada kesempatan tersebut, pusat masih nyatakan serapan anggaran Kabupaten Sumbawa berada pada level aman.

“Alhamdullillah, tidak seperti daerah lain yang dikatakan pusat. Sumbawa masih zona aman. Namun kita tidak boleh terlena dan lengah. Kita tetap pacu sumber daya yang ada,” kata Zainal Arifin, Kabag Pembangunan Setda Sumbawa, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (18/10).

Menurutnya, terkait serapan anggaran melalui pembangunan, pusat daerah mempunyai hajat yang sama. Yakni, seluruh pembangunan memiliki implikasi positif terhadap pelayanan publik. “Semua kegiatan pemerintah substansi dasarnya mengalah ke pelayanan publik,” ujarnya.

Dijelaskan, apabila berdasarkan hasil evaluasi pusat, suatu daerah dinyatakan serapan anggarannya rendah, maka akan mendapatkan sanksi berupa teguran. Kemudian akan mendapatkan pengurangan DAU dan anggaran lainnya dari APBN.

“Sanksi pertama, ditegur. Kalau sudah ditegur, ada pengurangan DAU, anggaran dari pusat ke daerah ada pengurangan. Bisa seperti itu,” jelasnya. (ks/adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...