Bupati KSB : “Diklat PKB, Jangan Hanya Berdampak Pada Kompetensi Guru”

Date:

diklat pkbTaliwang, Kabar Sumbawa – Anggaran pendidikan Kabupaten Sumbawa Barat saat ini merupakan yang paling besar di NTB, ini sebagai usaha Pemkab Sumbawa Barat untuk memajukan pembangunan di sektor pendidikan. Oleh karena itu, Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W Musyafirin MM mengharapkan kompetensi guru dan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat harus terus meningkat.

“Nilai uji kompetensi guru KSB tahun 2016 di atas angka nasional, yakni rata-rata 56. Sementara angka standar nasional adalah rata-rata 55 dan nilai rata-rata provinsi NTB adalah 49.” Ungkap Bupati dalam sambutannya saat membuka pendidikan dan latihan (Diklat) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)  bagi guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sumbawa Barat, Senin (7/8) di SDN Telaga Bertong.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Satu poin diatas rata-rata nasional itu, sebut bupati, tentunya belum cukup. Melalui Diklat kompetensi guru PKB ini, ia berharap akan semakin menambah kompetensi guru-guru di KSB.

“Diklat ini juga jangan hanya berdampak pada peningkatan kompetensi guru-guru. Tapi juga pada anak didik terutama perbaikan peningkatan karakter,” Imbuhnya.

Selain itu, melalui Diklat PKB ini, ia mengharapkan dapat semakin memutakhirkan kompetensi guru. Kemudian ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari mentor dan narasumber kepada guru peserta Diklat  guna peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga KSB, Aku Nurrahmadin, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, kompetensi guru masih rendah, tapi KSB patut berbangga karena hasil UKG (Uji Kompetensi Guru), nilai guru KSB di atas angka rata-rata provinsi NTB bahkan nasional. Jika nilai rata-rata UKG Provinsi NTB 49, kemudian rata-rata nasional 55, maka nilai rata-rata KSB adalah 56. Namun, tahun ini nilai UKG ditingkatkan hingga 70.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

“Karena itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KSB berupaya meningkatkan kompetensi guru di KSB, salah satunya melaui Diklat PKB bagi guru SD se KSB ini.” Tandasnya (KS/yud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...