Pelabuhan Teluk Santong Harus Terealisasi

Date:

Teguran Kepada Aparatur
H M. Husni Jibril, BSc
Bupati Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Pemkab Sumbawa terus berupaya mewujudkan rencana pembangunan Pelabuhan Teluk Santong. Karena terealisasinya pembangunan pelabuhan itu merupakan harapan masyarakat, terutama di Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, BSc yang ditemui Rabu (9/11/2016) mengatakan, terbangunnya Pelabuhan Teluk Santong nantinya akan memberikan keuntungan yang besar bagi masyarakat. Artinya, ketika ada pengiriman barang, maka tidak lagi melalui jalur darat. Tinggal menggunakan dermaga Teluk Santong saja. Dengan begitu, biaya produksi yang dikeluarkan akan bisa sedikit ditekan. Belum lagi manfaat lain yang akan dirasakan, seperti soal tenaga kerja, serta lainnya.

Baca juga:  Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

‘’Saat ini masih banyak yang menggunakan jalur darat, kemudian pelabuhan umum untuk pengiriman barang. Itu yang ingin kita hindari,’’ ujarnya.

Menurutnya, pelabuhan Teluk Santong harus bisa terwujud. Karena selain sudah lama direncanakan oleh Pemda Sumbawa untuk pembangunannya, juga lokasinya berada ditengah-tengah Pulau Sumbawa. Sehingga bisa lebih dekat dijangkau oleh Kabupaten/Kota tetangga. ‘’Kalau dermaga itu berada di Dompu, maka cukup jauh kita untuk bergerak kesana, ada sekitar ratusan kilometer yang harus kita lalui. Makanya di Teluk Santong lah lokasi yang tepat untuk dibangun dermaga,’’ tegasnya.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Terkait rencana area pelabuhan yang masuk dalam kawasan hutan, Bupati menjelaskan kalau Komisi II DPRD Sumbawa sudah melaporkan hal itu ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Menteri pun merespon positif, dan meminta daerah segera memasukan proposal pengajuan untuk persetujuan pengalihan kawasan hutan. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Ditjen Imigrasi Gelar Dengar Pendapat Publik Perubahan RUU Keimigrasian

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar Dengar...

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...