Hasil Uji BPOM Masih Ditemukan Zat Berbahaya Pada Makanan

Date:

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Mataram bekerja sama dengan Diskoperindag, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP Kabupaten Sumbawa, Rabu (22/6) melakukan pemeriksaan terhadap produsen pangan dan distribusi pangan, serta jenis pangan untuk keperluan takjil (buka puasa). Pengawasan ini dilakukan untuk mengetahui terhadap penggunaan bahan berbahaya yang dicampur dalam produk pangan, seperti Rodhamin B, Metanin Yellow dan Borax. Berdasarkan hasil uji sample yang dilakukan dari beberapa jenis pangan di Pasar Seketeng, ditemukan adanya penggunaan Borax pada produk kerupuk tempe dan Rodhamin B pada jenis terasi.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Mataram, Yogi A Baso ditemui Kabar Sumbawa menjelaskan, uji sample yang dilakukan terhadap bahan berbahaya yang sering ditambahkan pada pangan seperti Rodhamin B, Metanin Yellow dan Borax. “Di Pasar Seketeng kami temukan produk positif mengandung Borax untuk krupuk tempe dan terasi mengandung Rodhamin B, dari total sample 20 hanya dua yang positif mengandung Borax,” ujarnya.

Dikatakan, dilihat dari semakin kecilnya temuan penggunaan bahan berbahaya pada makanan ini menandakan pedagang sudah mulai memahami tentang bahaya penggunaan Rodhamin B, Metanin Yellow dan Borax. “Tidak terlalu banyak bahan pangan yang terpapar bahan berbahaya di Kabupaten Sumbawa, namun atas adanya temuan tersebut BPOM Mataram akan melakukan penelusuran produsen pangan tersebut untuk dilakukan sosialisasi dan pembinaan,” tandasnya.

Baca juga:  Bupati Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Osap Sio

Ditambahkan, kegiatan pengawasan yang dilakukan BPOM Mataram  saat ini difokuskan pada jenis makanan dan minuman saja, sementara untuk kosmetik dan obat-obatan tradisonal akan dilakukan pada kegiatan yang berbeda. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Sumbawa Besar, Besar, Kabarsumbawa.com - Penanganan ruas Simpang Jalan...

Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...