Retas Kasus Illegal Fishing Diskanlut Perlu Lakukan Pemetaan

Date:

Abdul Rafiq PDIP Sumbawa
Abdul Rafiq
Ketua Fraksi PDI Perjuangan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Meminimalisir terjadinya berbagai kasus illegal fishing di Kabupaten Sumbawa, perlu dilakukan upaya antisipatif dengan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk memetakan daerah-daerah yang sering terjadi kasus illegal fishing. Dengan sosialisasi dan pemetaan yang dilakukan hal ini dapat menekan terjadinya kasus illegal fishing di Kabupaten Sumbawa.

Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq mengatakan, banyaknya pelanggaran aturan yang dilakukan oleh oknum nelayan hal ini membuktikan lemahnya sosialisasi yang dilakukan di lapangan. Karenanya diharapkan sosialisasi tersebut lebih intens dilaksanakan, sehingga masyarakat benar-benar memahami tentang aturan tersebut. Selain sosialisasi juga perlu dilakukan pemetaan lokasi rawan illegal fishing, tanpa pemetaan langkah penindakan yang dilakukan hanya bersifat sementara. “Jangan ketika ada informasi baru melakukan tindakan, artinya perlu dilakukan pemetaan dengan membuat data base, apa saja masalahnya? sehingga  dapat menjadi acuan kerja, kalau ini sudah dipetakan tidak ada kesulitaan untuk melakukan penindakan,”ujar Rafiq.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Dikatakan, sosialisasi terkait Undang-Undang baru tentang wilayah perikanan dinilainya belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, seperti pelarangan penggunaan kompresor, penggunaan jarring standar, dan berbagai aturan lainnya. Sehingga diharapkan sosialisasi dapat dilakukan melalui kecamatan dan desa. “Saya rasa dengan kesabaran dan ketekunan yang dilakukan dinas terkait hal ini dapat merubah perilaku masyakat nelayan untuk sadar aturan, sehingga tidak lagi melakukan tindakan illegal,” tandasnya. (KS/YD)

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...