Komoditas Rumput Laut, Ikan Kerapu Dan Udang Dioptimalkan Pengembangannya

Date:

Ir. H. Junaidi, MSi
Ir. H. Junaidi, MSi
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Potensi sumber daya bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa cukup menjanjikan. Komoditas  udang, Ikan kerapu dan rumput laut menjadi komoditas unggulan daerah yang akan dioptimalkan penanganannya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, MSi mengatakan,  budi daya ikan kerapu dengan system jaring apung yang dikembangkan oleh kelompok nelayan di Pulau Bungin Kecamatan Alas sudah cukup berkembang, demikian pula budi daya rumput laut yang dikembangkan di wilayah perairan Batu Guring Kecamatan Alas Barat. Hanya saja, kelompok budi daya rumput laut dan Ikan Kerapu masih mengalami kendala dalam hal memperoleh bibit unggul.

Menghadapi kendala  terbatasnya bibit unggul kata Junaidi, Diskanlut akan mengusulkan didirikannya  balai pembenihan rumput laut dan pembenihan ikan kerapu untuk memenuhi tersedianya bibit unggul, sehingga budi daya yang dilakukan membuahkan hasil yang optimal.

Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, pihaknya juga akan mengusulkan pabrik pengolahan rumput laut kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Selama ini rumput laut dijual dalam bentuk bahan mentah, dengan dibangunnya pabrik pengolahan minimal produk yang dikirim setengah jadi, sehingga memberikan nilai tambah bagi petani,” ujarnya.

Ditambahkan, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten terkaya dalam hal sumber daya kelautan dan perikanan, dengan adanya balai pembenihan kulitas yang dihasilkan juga akan meningkat. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...