34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 205 calon jamaah haji asal Kabupaten Sumbawa akan diberangkatkan ke tanah suci tahun 2024 ini. Dari jumlah tersebut, ada 34 orang masuk ke dalam kategori lansia beresiko tinggi.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Ardi Suzami, Selasa (14/05/2024) di ruang kerjanya.

“Dari data 34 orang jamaah lansia tersebut hanya ada 11 orang yang didaftarkan untuk mendapatkan kursi roda saat menjalankan ibadah haji nanti di tanah suci. Hal itu melihat riwayat kesehatan dari jamaah lansia kita memerlukan pelayanan khusus,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji ramah lansia untuk di Kabupaten Sumbawa jamaah paling tua ada usia 96 tahun asal Kecamatan Lape Sanadin Abdullah. Adapun jamaah haji termuda yaitu Andi asal Kecamatan Alas usia 23 tahun.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

“Ada satu jamaah calon haji kita yang meninggal dunia pada tanggal 5 Mei kemarin asal Kecamatan Alas, dan digantikan oleh keluarganya,” sebut Ardi.

Jamaah haji yang berangkat tahun ini sudah melakukan pendaftarannya dari Desember 2011 sampai dengan bulan April 2012.

“Ada sekitar 12 tahun waktu tunggu bagi calon jamaah haji tersebut untuk bisa berangkat ke tanah suci,” ujar Ardi.

Lanjutnya, 205 orang calon jamaah haji ini masuk dalam kelompok terbang 6 Embarkasi Lombok. Mereka didampingi oleh 2 orang pndamping haji. Dijadwalkan, akan diberangkatkan pada tanggaln17 Mei dan akan di lepas di halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Baca juga:  Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

“Berangkat ke Mataram menggunakan travel dari jalur darat dan laut. Jamaah akan diterima di asrama haji Mataram pada pukul 21.00 Wita. Jamaah akan mendapatkan pembekalan terakhir oleh panitia penyelenggara ibadah haji Provinsi NTB,” jelasnya.

Selanjutnya akan bergabung dengan jamaah haji Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Timur dan diberangkatkan menuju Madinah pada 19 Mei 2024. Karena kondisi di Arab Saudi sedang panas, suhu mencapai 40 derajat maka diharapkan jamaah menjaga kesehatan dan perbanyak minum air putih karena kondisi harus prima saat menjalankan ibadah nanti.

“Kami berharap jamaah haji pada tahun ini bisa menjalankan ibadah dengan baik. kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah dan petugas haji semoga pelayanan nanti bisa dilaksanakan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...