Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Date:

Mataram, Kabarsumbawa.com – DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan anak. Untuk merealisasikan upaya tersebut, Ketua DPRD Sumbawa melakukan pertemuan dengan DPRD Kota Mataram.

Pada pertemuan tersebut, sepakat untuk membentuk Rumah Aman. Keputusan ini diambil setelah pertemuan antara kedua pihak bersama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram dan Rumah Pelayanan Perlindungan Anak (RPPA) Kota Mataram.

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rofiq, SH Rabu (17/04/2024), menyampaikan komitmen untuk meningkatkan perlindungan anak-anak di wilayahnya. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah dengan mengadopsi konsep Rumah Aman, yang akan menjadi tempat bagi anak-anak untuk mendapatkan perlindungan dan pemulihan dari berbagai trauma yang mereka alami.

Baca juga:  34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak yang mengalami kesulitan dan trauma akibat berbagai persoalan yang mereka hadapi,” ungkap Abdul Rafiq.

Abdul Rafiq, menambahkan bahwa Rumah Aman ini tidak hanya akan melayani anak-anak di Sumbawa, tetapi juga anak-anak korban kekerasan dan trauma dari sekitar pulau Sumbawa, seperti KSB, Bima, Dompu, dan Kota Bima.

Kerja sama antara LPA dan RPPA Kota Mataram dengan DPRD Sumbawa dalam pembentukan Rumah Aman ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam percepatan penanganan kasus kekerasan dan trauma anak-anak.

Abdul Rafiq, berharap bahwa keberadaan Rumah Aman ini akan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang mengalami kekerasan di wilayah Pulau Sumbawa, termasuk Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

Rumah Aman diharapkan dapat memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk mendapatkan perlindungan dan pemulihan dari trauma yang mereka alami. Dengan demikian, langkah ini diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam membantu anak-anak yang membutuhkan di wilayah tersebut.

Langkah-langkah konkret yang diambil oleh DPRD Kota Mataram dan DPRD Sumbawa dalam bentuk Rumah Aman ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dan holistik bagi anak-anak yang mengalami trauma di NTB. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...