Tahun ini, 20 Rumah di Sumbawa Dapat Program RST

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tahun 2023 ini, Kabupaten Sumbawa mendapatkan program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang bersumber dari anggaran Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD RI.

“Untuk tahun ini, kita diberikan bantuan rumah sejahtera terpadu istilahnya. Melalui dana aspirasi anggota DPR RI di Kementerin Sosial,” kata Kabid Linjamsos Disos Sumbawa Syarifah, kepada wartawan, Kamis (23/02/2023) di Sumbawa.

Adapun lokasi program tersebut ungkapanya, di Desa Tengah, Kecamatan Utan, Desa Songkar, Kecamatan Moyo Utara, Desa Teluk Santong, Kecamatan Plampang, dan Kelurahan Seketeng, Kecamatan Sumbawa.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

“Ada empat kecamatan lokasinya. Satu kecamatan diambil satu desa, kemudian dalam satu desa ada lima rumah,” jelasnya.
Bentuan diberikan dari program tersebut yakni bedah rumah, dengan nilai anggaran masing-masing Rp 20 juta. Anggaran yang dikucurkan diperuntukan untuk membeli bahan bangunan saja, sehingga pengerjaannya dilakukan secara swakelolah oleh kelompok penerima.

“Program rumah sejahtera terpadu ini akan diberikan kepada 20 unit rumah dengan waktu pengerjaan 90 hari. Setiap rumah akan mendapatkan 20 juta untuk material pembangunan saja,” terangnya.

Baca juga:  Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Lebih lanjut dijelaskan, terhadap para penerima telah dilakukan asesmen oleh Tim Kementerian Sosial. Saat ini, tinggal menunggu hasil asesmen, kemudian penerbitan Surat Keputusan (SK) penerima dari kementerian, lalu pengucuran dana.

“kita asesmen karena mereka punya kriteria-kriteria, punya indikator-indikator kemiskinan sehingga itu bisa dikatakan layak dalam SK Kementrian Sosial. Setelah nanti SK-nya datang, baru penkucuran dana dan itu pengerjaannya swakelolah oleh masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (KS/Ala)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...

Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Gelora Sumbawa mengusung Burhanuddun...