GERMAS, Bupati Ajak Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, Ir.Dirmawan, membuka secara resmi Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2022, dengan Tema “Melalui Pembudayaan Germas, Keluarga Sehat, Masyarakat Sehat, Sumbawa Gemilang”.

Kegiatan yang terselenggara di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (14/09/2022) pagi ini, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa beserta jajaran, Kasdim 1607/Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negri Sumbawa, Perwakilan Kapolres Sumbawa, Para Staf Ahli Bupati, Para Kepala Perangkat Daerah, serta Camat dan Kepala Bagian Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi permasalahan ganda. Belum tuntas menghadapai masalah penyakit menular akibat pandemi covid-19, muncul penyakit tidak menular (PTM) yang semakin hari semakin kompleks.

Baca juga:  Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Meningkatnya jumlah kasus PTM ini antara lain disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik. Gaya hidup tidak sehat ini terjadi pada semua kelompok umur, apapun profesi dan status sosialnya. Malas gerak karena alasan kesibukan maupun berbagai kemudahan yang didapatkan dari teknologi. Termasuk merokok bebas yang dilakukan dimana-mana, yang menjadi media pertemanan bahkan telah menjadi budaya.

“Saya minta agar setiap hari jum’at, kita membiasakan menggunakan alat transportasi ramah lingkungan untuk ke kantor/sekolah (bersepeda, jalan kaki), serta melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan masing-masing minimal 30 menit setiap harinya”, Ujar Pak Bupati

Bupati menegaskan bahwa Germas ini merupakan gerakan bersama antara jajaran dinas kesehatan dengan instansi lintas sektor, organisasi kemasyarakatan dan juga kelompok-kelompok peduli kesehatan.

Sebab pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Sumbawa tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintah, namun perlu ada kolaborasi lintas sektor, dan yang lebih utama adalah peran serta masyarakat.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Seberlumnya, laporan Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Junaedi, S.Si.,M.Si.,Apt., bahwa pembudayaan Germas perlu kita implementasikan bersama-sama sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat yang tentunya memberikan dampak positif pada peningkatan umur harapan hidup dan mewujudkan Sumbawa sehat dan gemilang.

Kemudian, ia juga mengatakan ada 7 langkah Germas : Melakukan aktifitas fisik, Makan buah dan sayur, Cek kesehatan secara berkala, Tidak merokok, Tidak minuman berakohol, Menjaga kebersihan lingkungan, Menggunakan jamban (Sumbawa termasuk sebagai kabupaten ODF/Tidak BAB Sembarangan).

Kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan sosialisasi masyarakat hidup bersih dan sehat kepada instansi pemerintah, dunia swasta, institusi pendidikan guna meningkatkan implementasi pembudayaan germas di lingkungan masing-masing dan masyarakat. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...