Bupati Sumbawa Harpakan KTN Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Masyarakat

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. Dirmawan, menghadiri Rapat koordinasi kegiatan Sinergitas Antar Kementerian/Lembaga yang digelar Kemenkumham RI bersama BNPT di Ruang Rapat H. Hasan Usman kantor Bupati Sumbawa, Kamis (01/09/2022) pagi.

Hadir pada rapat tersebut , Asisten Deputi 2 Bidang Pertahanan Negara Kemenkopolhukam, Kasub Satgas BNPT, para anggota Forkopimda Sumbawa, dan para kepala perangkat daerah.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari telah ditetapkannya Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu dari 26 kabupaten/kota di 5 provinsi yang menjadi pilot project wilayah sasaran sinergisitas pelaksanaan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Indonesia.

Bupati Sumbawa berharap pencanangan KTN dapat memacu kemajuan pembangunan dan perekonomian daerah, yang pada akhirnya juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat sehingga dapat meminimalisasi gerakan radikal terorisme.

Baca juga:  Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Dipaparkan, pada bulan juni 2022 lalu, BNPT juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemkab Sumbawa dan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terkait pelaksanaan program KTN di Kabupaten Sumbawa.

“Alhamdulillah, berbasis konsep multi approach, yang melibatkan berbagai unsur termasuk lembaga pendidikan, BNPT juga telah menetapkan UTS sebagai pusat KTN di Kabupaten Sumbawa dengan menggandeng 4 desa di Kecamatan Moyo Hulu, yaitu Desa Batu Bulan, Desa Maman, Desa Pernek dan Desa Leseng.” Jelas Bupati.

Bupati juga mengatakan Pemkab Sumbawa siap memfasilitasi dan mendukung program KTN secara berkelanjutan, termasuk memberikan atmosfer positif hingga ke desa-desa agar masyarakat mendukung program ini.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

“Bahkan kami juga berkomitmen untuk senantiasa berada dalam satu garis komando dengan BNPT dalam penanggulangan radikal terorisme.” Lanjutnya.

Sementara itu, Asisten Deputi 2 Bidang Pertahanan Negara Kemenkopolhukam, Marsma Andi M. Taufik, menyebut Kemenkopolhukam bersama BNPT dan pemerintah daerah mesti terus menguatkan komitmen membangun wilayah-wilayah yang memerlukan soft approach dalam rangka penanggulangan radikalisme dan terorisme.

Dia melanjutkan, selain pemerintah, para akademisi, komunitas dan tokoh masyarakat serta lembaga pendidikan agama juga harus berperan aktif mendukung penerapan KTN sehingga daerah-daerah yang menjadi pilot project seperti Sumbawa menjadi kawasan yang ramah, toleran, dan bebas dari paham terorisme. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...