Sumbawa PPKM Level 2, Sekolah Diminta Batasi Ekskul

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro Level 2 sebagai tindaklanjut dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 07 tahun 2022.

Terhadap kebijakan tersebut, Kepala Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sumbawa Dr. Muhammad Ikhsan Safitri, M.Si. mengatakan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di sekolah tetap dilakukan.

Hanya saja lanjutnya, pihaknya meminta kepada satuan pendidikan untuk membatasi kegiatan ekstra kurikuler (Ekskul) yang tidak begitu penting bagi pembelajaran.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

“Kita melihat fenomena belakangan ini beberapa kasus terjadi ada anak sekolah yang terpapar, kita suda menyampaikan kepada sekolah untuk ekskul yang tidak begitu penting agar dikurangi,” jelasnya.

Lanjutnya, PTM di Kabupaten Sumbawa ini merujuk pada SKB 4 Menteri beberapa waktu lalu. Di mana, telah diatur secara rinci terkait dengan konsekuensi dari pemberlakuan level 1, level 2 dan seterusnya. Dalam SKB tersebut  diatur, level 1 dan 2, itu dipersamakan.

“Level 1, 2,  itu, PPKM terbatas seperti yang kita terapkan selama ini. Jadi, tidak ada sif-sifan, masuk semua seperti biasa tetapi betul-betul diperketat protokol kesehatannya,” terangnya.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Menurutnya, berdasarkan hasil pengkajian  selama dua tahun ini, tatap muka BDR maupun penerapan  sif-sifan itu selain mengakibatkan learning loss (Kehilangan belajar), juga terkait dengan perubahan karakter anak. Karena, tidak bisa diletakkan pondasi pondasi terkait dengan pembinaan karakter.

“Mempertimbangkan itu, kita Dikbud melaksanakan PTM ini secara normal tetapi dengan meningkatkan protokol kesehatan. Itu saya kira kebijakan menindaklanjuti surat edaran dari Pak Bupati,” pungkasnya.  (KS/aly*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...

Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Gelora Sumbawa mengusung Burhanuddun...