Resmi di Samota, Pemda Sumbawa Lakukan Berbagai Persiapan Jelang MXGP

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kawasan Samota di Kecamatan Badas, Kabupaten Sumbawa, resmi menjadi salah satu lokasi pelaksanaan MXGP 26 Juni tahun 2022. Guna mensukseskan kegiatan tersebut, Pemda setempat tengah melakukan berbagai persiapan.

“Terkait dengan telah ditetapkannya Samota oleh Tim Pusat MXGP, hari ini sudah rapat dipimpin Bupati, bersama Wakil Bupati, dihadiri Sekda, Kepala OPD, hingga Camat untuk memberikan pencerahan bahwa ini bukan pekerjaan satu OPD saja, tetapi semua termasuk masyarakat Sumbawa,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kartawijaya, S.T., M.T., kepada wartawan, Kamis (27/01/2022) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, berdasarkan hasil survei Tim MXGP yang telah dua kali turun ke Sumbawa, terdapat beberapa catatan penting yang harus dipenuhi sebagai pununjang pelaksanaan even kelas dunia itu.

Resmi di Samota, Pemda Sumbawa Lakukan Berbagai Persiapan Jelang MXGP
Suharmaji Karta Wijaya, S.T., M.T

Pertama, terkait transfortasi, mulai dari udara, laut dan darat. Untuk transportasi udara yakni bandara, akan dilakukan peningkatan overlay 5cm. Hal ini, berdasarkan hasil kunjungan Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu ke Bandara Sultan Kharuddin Sumbawa Besar.

“Arahan pak Menteri saat datang bahwa kita akan berkolaborasi dengan pusat, provensi dan kabupaten. Saat ini kepala Bandara Sumbawa sedang berada di Jakarta untuk berkoordinasi. Untuk sisa daratnya di bandara, nanti bagian dari pada provinsi dan kabupaten. Sisi darat di sini ada ruang tunggu, taman, akses jalan samping dan aksesoris yang ada di bandara,” jelasnya.

Baca juga:  MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Kemudian transportasi laut, beberapa waktu lalu pihaknya telah berkoordinasi dengan KSOP Pelabuhan Badas, dikatahui kedalaman laut di Dermaga Badas mencapai 20 meter. Kondisi tersebut, cukup dilabuhi oleh kapal Ro-Ro untuk pengangkutan dari Tanjung Emas Semarang, Tanjung Perak di Surabaya, dan Tanjung Priok, termasuk Gili Emas Lembar.

“untuk darat, kalau travel sudah bagus, termasuk bus dari Jakarta ke Bima bisa kita gunakan,” tukasnya.

Selanjutnya, yang menjadi catatan penting lainnya kata Suharmaji, adalah akomodasi. Ini terdiri dari penginapan. Saat ini, terdapat 935 kamar mulai dari bintang 3 hingga terkecil. Dari total itu, yang standar dengan closet duduk dan shower termsuk tisu kamar mandi, ada sekitar 350 kamar.

“Untuk mengantisipasi kekukarangan akomodasi kita mencoba dengan glamping, karena kondisi topografi Samota mendukung untuk itu,” jelasnya.

Baca juga:  Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Kemudian, terkait air bersih. Pemda telah melakukan kajian untuk pengambilan air bersih dari Sungai Brang Biji dengan sistem instalasi pengelolaan air dengan filter. Di mana, air akan didorong ke titik tertinggi di Samota, lalu diturunkan menggunakan grafitasi.

Tidak kalah penting sambungnya, penataan wilayah perkotaan, membenahi dua pintu masuk Kabupaten Sumbawa, Alas Barat dan Tarano, menertibkan ternak berkeliaran,  parkir liar, hingga mengurani kendaraan berat miltasi perkotaan.

“Kita akan perlihatkan pada tamu-tamu ini bahwa Sumbawa nyaman ditinggali,” tukasnya.

Dengan waktu yang mepet apakah optimis bisa mengejar semua persiapannya?

“Kalau waktu saya pikir mepet sekali, tetapi kami tidak berkecil hati, karena pemerintah semua tingkatan akan berkolaborasi untuk itu. Dan kita harus belajar banyak dari provinsi yang telah melaksanakan WSBK, lebih-lebih MotoGP. Jadi apa yang mereka laksanakan di Mandalika akan kita adopsi. Apa yang menjadi kekurangan di sana akan kita benahi di sini,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

2 Seri MXGP Indonesia 2024 Digelar di Pulau Lombok

Mataram, Kabarsumbawa.com - Even motocross internasional MXGP Indonesia 2024...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...