Personil Satpol PP Sumbawa Kini Dibekali dengan HT

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Guna menunjang Tugas dan Fungsi (Tupoksi) personil, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa kini dibekali dengan alat komunikasi jarak jauh berupa Handy Talky (HT).

Hal ini disampaikan Kasat Pol PP Sumbawa, H. Sahabuddin, S.Sos., M.Si., kepada wartawan, Rabu (24/11/2021) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, pada tahun anggaran 2021 ini, telah teralokasi anggaran untuk pengadaan alat komunikasi menggunakan frekwesni radio. Terhadap pengunaannya, Sumbawa telah mendapatkan izin dari Kementerian terkait.

“Pada tahun anggaran 2021 ini kami dari Satpol PP sudah teralokasi anggaran untuk pengadaan Rapiter yang rencana akan dipasang nanti di Batu Dulang bergandengan dengan rapiter dari Polres. Walaupun tahun pertama ini masih terbatas jumlah HT 10, tapi dengan keberadaan rapiter ini akan mendorong nanti pada tahun berikutnya untuk menambah fasilitas ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Menurut Kasat, dengan adanya fasilitas ini, menunjang dan mempermudah berkomunikasi maupun berkoorinasi saat personil melaksanakan tugas di lapangan. Manfaat lain lanjutnya, dapat digunakan sebagai alat kominkasi alternatit ketika terjadi konisi darurat.

“Ketika hp kurang berfungsi, jaringan kurang berfungsi, ini akan menjadi komunikasi alternatif dalam rangka menunjang komunikasi. Jika terjadi emergensi, bencana angin putting beliung, banjir dan lainnya, radio ini bisa kita manfaatkan untuk komunikasi,” ungkapnya.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

“Perangkatnya sudah siap, kita pasang setelah mendapat restu dari Polda NTB. Alatnya sedang kami setting bersama teknisi pihak ketiga, insya allah dalam waktu dekat,” tambahnya.

Sementara untuk jangkauannya, secara teknis jarak tempuh mencapai 60 kilometer pada line off side atau jarak pandang. Karena diletakan di daerah tinggi, maka hampir setengah Sumbawa bisa dijangkau.

“Jangkauan kita sekarang ini paling tidak membutuhkan tiga repiter, baru semua Sumbawa dijangkau. Sekarang baru satu rapiter yang disiapkan, ini kita backup yang paling penting daerah selatan yang rentan gangguan komunikasi,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...