Pemda Dompu Pelajari Kebijakan Penggunaan DBHCHT di Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menerima rombongan Pemda Kabupetan Dompu, Selasa (26/10/2021) di Aula Kantor Bappeda Sumbawa.

 

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Diskoperindag Kabupaten Dompu Ibu Dra. Hj Sri Suzana M.Si, dengan disertai rombongan sebanya 12 orang yang terdiri dari unsur Bappeda, Satpol PP, Dinas Pertanian dan IKM Kabupaten Dompu ini dalam rangka momentum sharing DBHCHT di Kabupaten Sumbawa.

 

Rombongan diditerima oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumbawa Ir. Iskandar. D, M.Ec.Dev., serta pejabat Pemda lainnya.

 

“kegiatan ini tentu memiliki makna yang sangat strategis bagi kedua daerah. Sebagai media berbagi, Pemerintah Kabupaten Sumbawa secara gambling menyampaikan pemaparan Sharing Moment dengan Diskoperindag Kabupaten Dompu yang mengulas beberapa hal yang menjadi praktek baik di Kabupaten Sumbawa yaitu Implementasi Kebijakan Penggunaan DBHCHT di Kabupaten Sumbawa,” ungkap Ir. Iskandar.

 

Menurutnya, muatan sharing Pemerintah Kabupaten Sumbawa berangkat dari kerangka umum yaitu Desain Kebijakan DBHCHT, dan dilanjutkan dengan kupasan detil praktek-praktek baik Kabupaten Sumbawa dengan ekspose implementasi kebijakan DBHCHT yang diterapkan dan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa.

 

Beberapa implementasi kebijakan DBHCHT di Kabupaten Sumbawa yang didesiminasikan pada kegiatan tersebut meliputi, yang pertama mengawal alokasi anggaran yaitu Tim koordinasi DBH CHT menyampaikan kebijakan alokasi sementara kepada TAPD, melakukan rapat koordinasi dengan OPD yang menjadi calon pelaksana alokasi DBHCHT, dan penyampaian pagu alokasi DBH CHT per OPD, serta penyesuaian alokasi sesuai dengan regulasi terbaru.

 

Ke dua, mengawal penggunaan anggaran juga rencana alokasi OPD hingga ke dalam RKA-SKPD sampai pada pembahasan anggaran di DPRD yang dilanjutkan dengan mengawal alokasi di DPA-SKPD serta melakukan monev penggunaan anggaran.

 

Lanjutnya, dalam hal lebih kongkrit, diimplementasi pelaksanaan beberapa program yaitu Program Peningkatan Kualitas Bahan Baku diimplementasikan melalui pemberian bantuan alat rajangan, sarana mobilitas, demfarm tembakau 5 Ha, dan pembangunan gudang tembakau.

 

Selain itu juga dilaksanakan program Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai serta Program Pembinaan Lingkungan Sosial melalui Penguatan kelembagaan ekonomi petani tembakau melalui koperasi (integrasi kegiatan Dinas Pertanian dan Dinas Koperindag).

 

Pada akhir pemaparannya, Plt. Kadis Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumbawa, menyampaikan beberapa catatan pembelajaran yaitu Komitmen Pimpinan untuk taat terhadap regulasi alokasi DBH CHT, Efektivitas Tim Koordinasi DBH CHT dalam mengawal alokasi anggaran, Kinerja OPD Pelaksana anggaran DBH CHT, Sinergi dengan Kantor Bea Cukai Pratama dan Dukungan kuat dari pelaku usaha dan masyarakat penerima manfaat DBH CHT. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Pemda Sumbawa dan Plan International Indonesia Gelar Musrembang Tematik Penanganan Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang...

Diskominfotiksan Sumbawa Bakal Gelar Pelatihan GTA Bagi ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Setelah sukses menggelar pelatihan secara...