Terima Surat PAW, Ketua DPRD Sumbawa Minta Berkarya Lengkapi Persyaratan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Surat usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Partai Berkarya terhadap Anggota legislatifnya, Hasanuddin, telah diterima oleh DPRD Sumbawa.

hal ini diakui oleh Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq, SH., saat ditemui wartawan, Kamis (23/09/2021) usai menghadiri acara Yudisun Fakultas Hukum UNSA di Hotel Grand Sumbawa.

Terhadap usulan tersebut kata Abdul Rafiq, meminta kepada partai Berkarya untuk melengkapi persyaratan PAW. Sejumlah syarat administrasi dimaksud, yakni surat keterangan tidak ada sengketa partai politik dari mahkamah partai atau sebutan lain dan/atau lembaga peradilan. Kemudian surat pemberhentian anggota partai politik dari pimpinan pusat, pimpinan wilayah dan pimpinan cabang partai politik.

Baca juga:  MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Syarat berikutnya, surat usulan pemberhentian anggota DPRD dari pimpinan partai politik Kabupaten/kota disertai dengan dokumen pendukung sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan dan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai politik.

Selanjutnya, fotokopi Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD pada pemilihan umum yang dilegalisir oleh KPU Kabupaten/kota. Termasuk fotokopi daftar peringkat perolehan suara partai politik yang mengusulkan PAW anggota DPRD yang dilegalisir KPU kabupaten kota.

“Surat sudah diterima dari Berkarya. Dan sudah kami jawab secara tertulis terkait dengan syarat-syarat apa yang harus dipenuhi untuk melaksanakan PAW tersebut. Jadi ada sekitar 5 atau 6 syarat yang harus dipenuhi dalam waktu segera,”Kata Rafiq.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

Menurut Rafiq, jika persyaratan dimaksud sudah terpenuhi sesuai aturan yang berlaku, maka pihaknya akan meneruskan ke KPU. “Kami menunggu berkas yang menjadi syarat-syarat proses PAW tersebut. Kami belum berani bersikap. Tetapi yang jelas, kami sudah menjawab secara tertulis terkait dengan mekanisme dan tata cara serta dokumen yang perlu disiapkan. Ketika itu terpenuhi, maka bisa kami teruskan,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...

Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Gelora Sumbawa mengusung Burhanuddun...