Pembongkaran Lapak di Pasar Kerato Hanya Miss Komunikasi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Belakangan ini beredar di Media Sosial (Medisos) bahwa telah dilakukan pembongkaran sepihak sejumlah lapak pedagang oleh pihak paniti Pasar Temporer Desa Kerato.

Untuk memastikan kebenaran isu tersebut, sejumlah awak media melakukan penelusuran ke lokasi, dan berhasil mewancarai pihak desa melalui panitia pasar, pihak keamanan pasar, pedagang yang terdampak, serta Banpenda setempat.

Ketua Tim koordinator Pasar Temporer Kerato yang juga Ketua BPD setempat M. Tayib, membantah adanya pembokaran lapak secara sepihak. . langkah tersebutpun sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Bapenda, dan disosialisai kepada para pedagang.

Menurutnya, secara sekeluruhan panitia melihat adanya kesemerautan yang terjadi, sehingga dilakukan penertiban lapak demi kenyamanan pedagang dan pengunjung , sehingga dilakukan penataan.

“Kami melakukan penataan dan penertiban, tidak bongkar lapak paksa. Yang kita bongkar, kemudian kita atur kita pindah sehingga semua tertata. Karena sejak awal mereka belum ditata karena keburu masuk, karena pasar sudah dipindahkan, akhirnya mereka maunya mengatur diri kiri kanan, tanpa kompromi dengan panitia,” ungkapnya.

Penertiban dan penataan tersebut, rupaya tidak menuai protes dari para pedagan. Ibu Fit misalnya, ia mengatakan bahwa tidak ada pemaksaan dan tidak ada pedagang yang keberatan.

“Ga ada yang protes, Cuma mau ditata pihak desa. Jadi dibikin jalan besar besar untuk keluar masuk. Ga ada pemaksaan,” imbuhnya.

Begitu juga dikatakan Ina’ Nam. “Tidak keberatan demi kebaikan,” tambahnya.

Disisi lain, Babhinkamtibmas Desa Uma Beringin Brigadir Irsan selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap keamanan pasar tersebut mengatakan, Tim koordinator Pasar Temporer Kerato mengadakan penertiban dan penataan dengan tujuan demi keamanan pengunjung dan penataan lapak yang tidak pada tempatnya.

“Biar teratur, mana tempat yang dagang untuk sayur, pengepul, dan kuliner. Ini tujuan panitia. Penertiban pasar temporer ini akan berlanjut. Kita kejar waktu sampai sebelum puasa, biar lapaknya tertata. ” katanya.

Bahkan kata dia, pada waktu dilakukan penertiban, tidak ada pedagang yang komplain atau keberatan. Sebab, Sosialisasi dari koordinator untuk melakukan penertiban sudah dilakukan sejak bulan Maret kemudian ekseskusinya tanggal 8 April. Sehingga tenggat waktunya cukup lama.

“Isu yang berkembang di luar bahwa ada pedagang yang merasa keberatan, dan saya tidak tahu pengaduan mereka kemana. Cuma yang saya dengar ke LPD Uma beringin. Dan persoalan ini sudah saya konfirmasi ke Kapol Sub Sektor kota. Bahwa ini hanyalah isu,” tukasnya.

Terpisah, Sekretaris Bapenda Kabupaten Sumbawa Arif Alamsyah yang ditemui di kantor Bupati Sumbawa, mengatakan, pihaknya Bapenda sudah mengecek lokasi dan menghubungi pihak desa dan Karang Taruna setempat, dan dinyatakan itu hanya miss komunikasi dengan beberapa oknum warga.

“Tidak ada pembongkaran, yang mereka lakukan di sana ingin menata supaya lebih rapih saja, Seperti akses masuk, yang tadinya dibangun sembarangan lapak sementara itu, ingin ditata ulang. Dari pedagang pun tidak ada yang mempermasalahkan,” jelasnya.

karenanya, ia berharap agar pasar sementara bisa berjalan lebih tertib, tidak menggangu aktivitas warga setempat serta tidak mengganggu tahapan pembangunan pasar Seketeng. Sehingga mereka nantinya bisa ditempatkan begitu pasar selesai dibangun.(KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...