Kemhan RI Sosialisasikan Pentingnya Bela Negara

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia (RI) mengelar sosialisasi Bela Negara Lingkup Pemukiman di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tahun Anggaran 2019, Kamis (04/04/2019) di Aula Hoter Parayangan, Kota Sumbawa.

Kegiatan yang digelar dari pagi hingga siang ini, dihadiri oleh Direktur Jendral Petensi Pertahanan Kemhan yang diwakili oleh Kasubdit Lingkungan Pemukiman Subdit Bela Negara Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., anggota Komis I DPR RI H. M Syafrudin, ST,MM., Dadim 1607/SBW, Perwakilan Kesbangpoldagri Sumbawa, serta 85 orang peserta sosialisasi dari masing-masing Desa di Sumbawa.

Direktur Jendral Petensi Pertahanan Kemhan yang diwakili oleh Kasubdit Lingkungan Pemukiman Subdit Bela Negara Dra. Endang Purwaningsih, M.Si., mengatakan, sosialisasi Bela Negara merupakan bagian dari upaya membangun sikap dan karakter bangsa, dan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan revolisi mental, serta sebagai salah satu program prioritas Pemerintah.

Sehingga kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga Negara untuk tetap menicintai tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan neraga serta memiliki kemampuan bela Negara.

“diharapkan nilai-nilai bela Negara menjadi landasan sikap dan prilaku kita semua, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan bidang dan profesi masing-masing,” harapnya.

Lanjut Endang, penerapan nilai-nilai bela Negara sangat penting dan dibutuhkan oleh Negara, terlebih bila mencermati perkembangan ancaman saat ini kata dia, yakni perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi saat ini.

“Ancaman semakin kompleks dan multidimensi, baik dilakukan oleh actor Negara mapun actor non Negara. Bentuk ancaman bukan lagi bersifat konvensional, tetapi lebih bersifat nonkonvensional atau non militer, bahkan mempengaruhi pikiran dan hati manusia,” terangnya.

Untuk itu sambungnya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun kerekter warga Negara Indonesia, yang mampu berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negera Indonesia sesuai kapasitas dan kempetensinya dalam profesi masing-masing.

Sementara itu, anggota Komis I DPR RI H. M Syafrudin, ST,MM., ditemui usai kegiatan mengatakan, ia mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana Negara melalui Direktorat Jendral Petensi Pertahanan Kemhan RI, hadir ditengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan pemahaman dan pencerahan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menumbuhkan spirit untuk Indonesia yang lebih kuat dan lebih tinggi lagi,” harapnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...