P4GN Terus Digalakkan, Delapan Sekolah Telah Teken MoU

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Sumbawa terus dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa.

Salah satu upaya P4GN yang dilakukan yakni dengan melakukan penandatanganan MoU dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, juga dilakukan tes urie terhadap siswa dan guru yang ada di sekolah tersebut.

Nursaprudin Kapala Seksi Pencegahan dan Dayamas BNN Sumbawa ditemui Rabu (20/03/2019) usai, kegiatan di SMKN 3 Sumbawa, mengatakan, hingga saat ini, sebanyak delapan sekolah yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan BNN Sumbawa, diantaranya, SMAN 1 Lunyuk, SMAN 3 Sumbawa, SMAN 1 Empang, SMAN 1 Maronge, SMK Buer, SMAN 1 Alas, SMKN 3 Sumbawa, dan SMPN 1 Unter Iwis.

“Kita ingin menargetkan seluruh lingkungan pendidikan, kira rencanannya dari tingkat SD sampai ke Perguruan tinggi. Kedepan UTS sudah menyiapkan MoU, akan berlanjut seluruhnya,” kata dia.

Menurutnya, MoU tersebut merupakan bentuk komitmen untuk melindungi anak bangsa yang berada di lingkangan sekolah dari penyalagunaan barang haram tersebut. Selain itu, juga sebagai upaya meminimalisir pergerakan siswa, sehingga mereka tidak menjdi korban dari narkoba.

“jangan sampai anak-anak ini menjadi korban, metodenya kita serahkan ke lingkungan pendidikan bagaimana kita bersama-sama,” ujarnya.

Lanjut Nur – sapaan akrabnya, pihaknya juga melakukan tes urine kepada siswa dan guru di sekolah yang telah menandatangai MoU tersebut. Dari hasil tes urie kata dia, ternya tidak sedikita dari siswa yang dinyatakan positif Narkoba.

Terhadap siswa yang dinyatakan positif narkoba tambah dia, pihaknya merekomandasi kepada sekolah dan orang tua siswa yang bersangkutan untuk dilakukan rehabilitasi.

“Juga dilakukan tes urine kepada siswa, ditemukan cukup banyak yang positif dan menjadi catatan bagi kami, sudah mengambil langkah bagaimana berkoordinasi dengan pihak sekolah dengan keluarga untuk di rehap, sekarang dalam proses di rehap di BNN. Kami ingin anak-anak ini tidak dibawa ke ranah hukum, bagaimana kami BNN bersama lembaga pendidikan menyelamatkan mereka,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...