Pertahankan Jatidiri Sebagai Tau Samawa Lewat Festival Pesona Agal

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Festival Pesona Agal pertama kali di gelar tahun 2017 yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Kerato Kecamtan Alas, Kamis (2/11/2017). Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk membina dan melestarikan budaya daerah, di tengah derasnya arus globalisasi.

“festival ini menjadi ikhtiar bersama untuk membina dan melestarikan budaya daerah, di tengah derasnya arus globalisasi. Begitu pentingnya kebudayaan dalam memperkokoh identitas sebagai Tau Samawa, karena krisis identitas telah menyebabkan sebagian besar generasi muda, mudah mengekor kepada budaya asing sehingga kehilangan martabat dan kharisma sebagai masyarakat yang beradab,” kata Bupati Sumbawa diwakilai Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Ir. A. Yani, sekaligus membuka acara secara resmi ditandai dengan pemukulan rantok.

Ditegaskan, kultur budaya tau samawa sangat beradab, begitu kental dengan nilai-nilai keislaman, yaitu “adat barenti ko sara’, sara’ barenti ko kitabullah” dan memiliki falsafah “taket ko nene, kangila boat lenge”. Nilai-nilai luhur yang tersirat didalamnya menjadi pedoman dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat sumbawa.

Melalui kegiatan festival, semua diingatkan kembali untuk bersama-sama memelihara dan mempertahankan jatidiri sebagai tau samawa. Salah satu di antaranya adalah dengan merevitalisasi kembali beragam kekayaan budaya sumbawa melalui rangkaian kegiatan yang terangkum dalam Festival Pesona Agal, sehingga generasi muda mengenal dengan baik budaya daerahnya sendiri.

“Sejarah kebudayaan dan nilai-nilai yang tumbuh ditengah-tengah kita tidak lepas dari kearifan lokal, kemajemukan serta keberagaman akan melahirkan inovasi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Camat Alas, Drs. Heri Herianto Diaz dalam laporannya menyampaikan Festival Pesona Agal merupakan rangkaian dari Festival Pesona Moyo 2017 dan menjadi bagian dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November dan dilaksanakan hampir sebulan penuh. Festival ini dilaksanakan sesuai amanah dan kebijakan Pemerintah Daerah bahwa setiap kecamatan diberi ruang untuk berimprovisasi di masing – masing kecamatan untuk menggali tradisi serta mengembangkan pariwisata dan kebudayaan setempat.

Acara tersebut, dihadiri Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Camat dan Muspika Kecamatan, Kepala BUMN/BUMD Kecamatan Alas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Lintas Etnis. (KS/Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Raihan Omar Hasani Daeng Mas Madinah Resmi Jadi Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Acara puncak Prosesi Adat Pengangkatan...

Makna Ete Ai Kadewa dalam Penobatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangkaian prosesi adat penobatan...

Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa Dimulai

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa...

Makna Prosesi Adat Pangangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Raihan Omar Hasani Priyanto bergelar...