Pentingnya Media Pembelajaran

Media adalah alat yang memberikan fungsi menyampaikannya pesan. Media merapatlah wadah dari Pesan, yang otoritas atau penyaluran yang mau disampaikan kepada sasarnya atau penerima Pesan.

Sementara Pembelajaran merapat proses interaksi pengembangan sumber belajar dengan pendidik atau sumber belajar di lingkungan belajarlah. Media pembelagran merupakan salahsatu komponen pendukungan keberhasilan proces belajar mengaji. Menurut UUD No.20 Tahun 2004, Pasal 1 ayat

Fungsi Media dalam pembelajaran yaitu:

  1. Sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru.
  2. Media juga berfungsi untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa.
  3. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
  4. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra, menimbulkan gairah belajar, interaksi langsung antara murid dengan sumber belajar.
  5. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori.
  6. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.

Dalam suatu proses pembelajaran, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa.

Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh tenaga pendidik.

Media yang kerap digunakan oleh pendidik adalah media audio, visual dan audio visual. Media audio adalah media yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran menggunkan suara-suara sperti radio, lagu-lagu. Media visual adalah media yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi atau bahan ajar seperti video, gambar pemandangan. Media audio visual adalah media yang di gunakan pendidik untuk menyampaikan materi dengan apa yang di dengar dan dilihat oleh sisiwa seperti TV, animasi bergerak, video.

Tetapi pada saat ini, pendidik masih kurang paham dalam penggunaan dan pemilihan media pembelajaran dalam penyampaian bahan ajarnya, karena media yang diugnakan pendidik tidak menarik dan tidak variatif, membuat siswa jenuh dalam menerima materi.

Seorang pendidik harus mampu membuat dan memilih media yang menarik dan variatif agar mampu menyampaikan materi atau bahan ajar dengan baik, membuat media yang sesuai dengan bahan ajar agar siswa mampu memahami materi melaui media yang disiapkan pendidik.

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

4,663FansSuka
648PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkini