Pelayanan Prima Bidang Kesehatan, Perlu Dibentuk Pilot Project

Date:

Kamaluddin ST
Kamaluddin ST
Pimpinan DPRD Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Untuk memberikan layanan prima  bidang kesehatan kepada masyarakat, perlu dibangun pilot project (percontohan) khususnya daerah terpencil yang jauh dari akses pelayanan medis. Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin ST di ruang kerjanya kepada Kabar Sumbawa, Rabu (8/6).

Dikatakan, sulitnya akses transportasi terutama di daerah bagian Selatan Sumbawa semakin menunjukkan adanya kesenjangan di bidang layanan kesehatan kepada masyarakat. Karenanya perlu dilakukan revitalisasi puskesmas, sehingga masyarakat setempat tidak perlu lagi ke kota ketika ada pasien yang membutuhkan penanganan segera (emergency). “Kalau sebelumnya puskesmas tidak mampu menangani pasien gawat darurat, maka dengan dilengkapinya berbagai peralatan termasuk tenaga medis pasien tidak perlu lagi dibawa ke kota,” ujar Kamal.

Baca juga:  Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Menurutnya, selama ini fasilitas di puskesmas sangatlah terbatas, sehingga penanganan pasien banyak yang terpaksa harus di rujuk ke rumah sakit di kabupaten. “Inilah yang harus segera dibenahi, sehingga terjadi pendekatan layanan kepada masyarakat,” kata Kamal.

Selain itu, masih terjadinya kesenjangan antara petugas medis yang rumah sakit dengan petugas medis di UPT Puskemas. Dari segi  beban tugas sama, namun tenaga medis rumah sakit mendapatkan tunjangan kinerja, sedangkan tenaga medis di UPT Puskesmas di 24 kecamatan tidak mendapatkan tunjangan tersebut. “Ini yang perlu diperhatikan, beban kerja sama namun dari sisi kesejahteraan berbeda,” jelas Kamal.

Baca juga:  239 Kasus DBD Terjadi di Sumbawa Dominasi Anak Usia Sekolah

Ditambahkan, terhadap kondisi tersebut pihaknya berharap ada konsep baru tentang pelayanan prima bidang kesehatan. Sehingga dokter yang bekerja di puskesmas merasa betah. “Bagaimana konsep untuk menjalakan program ini kami berupaya bersama pemerintah daerah untuk melakukan lobi-lobi di tingkat pusat, sehingga konsep pelayanan maksimal dapat diterapkan di Kabupaten Sumbawa,” tandasnya. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

239 Kasus DBD Terjadi di Sumbawa Dominasi Anak Usia Sekolah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Kabupaten Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...