FILM KAMAKI RAIH JUARA HARAPAN KATEGORI MITOS FESTIVAL DESA BKN PDIP

Kabarsumbawa.com – Film pendek yang berjudul Kamaki garapan Rajasua Production berhasil meraih juara harapan pada ajang Festival Desa yang dilaksanakan oleh Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP. Film Garapan sutradara muda Muhammad Zuhardiman mengangkat mitos tentang adanya sejenis makhluk penjaga hutan yang oleh masyarakat Sumbawa dikenal dengan sebutan Baki.

Mengambil setting lokasi di sekitar Desa Poto Moyohilir, Rajasua Production mencoba mengeksplore secara utuh tentang karakteristik budaya dan alam serta kebiasaan masyarakat desa di Kabupaten Sumbawa sehingga kekhasan Sumbawa betul betul tergambar dalam film pendek fiksi yang berdurasi 10 menit itu.

Muhammad Zuhardiman – Direktur Rajasua Production yang juga sutradara film Kamaki

Direktur Rajasua Production yang juga sutradara film Kamaki Muhammad Zuhardiman menyampaikan bahwa tahun ini Rajasua Production telah mengikuti beberapa event diantaranya mengikuti proposal kompetisi ide cerita yang yang dilaksanakan oleh Layar Indonesiana dan IndonesianaTV. Khusus Layar anak yang dilaksanakan oleh IndonesianaTV, Rajasua Production menempatkan diri masuk finalis dengan mengangkat judul ide cerita Sang Pewaris Sakeco.

Menurut Diman, lulusan S1 Fikom UTS dan juga jebolan Citra Film School Jakarta ini, banyak tema budaya yang menarik diangkat ke layar lebar yang bersumber dari falsafah hidup dan kebudayaan kita Tau Samawa. Tinggal bagaimana cara untuk mengemas agar menjadi produk film baik dokumenter maupun fiksi agar memiliki daya tarik sebagai sebuah karya sinematografi.

Khusus Film Kamaki, digarap untuk mengikuti event Festival Desa BKN PDIP yang tahun ini melaksanakan Festival Film Pendek dengan tiga kategori yaitu Mitos, Petuah dan Humor. Tadi malam Rabu (15/11) telah diumumkan pemenang dan disiarkan secara live melalui Youtube BKN PDIP. Melalui proses seleksi yang cukup ketat yang diikuti oleh lebih 300 karya film pendek seluruh Indonesia Rajasua Production berhasil keluar sebagai juara harapan kategori mitos. Lomba yang cukup bergengsi ini diseleksi oleh juri juri yang kompeten dibidangnya diantaranya H. Rano Karno seorang penulis, sutradara, produser dan aktor film, Aria Kusumadewa yang juga seorang penulis dan sutradara dan Sutradara dan aktor film Esa Sigit Pramuda.

Melalui kesempatan ini, selaku Direktur Rajasua Production menyampaikan ucapan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh Crew dan para pemain serta semua pihak yang telah mendukung produksi film ini. Penghargaan dan juara yang diraih adalah untuk kita semua dan keberhasilam ini adalah hasil kolaborasi dan kebersamaan mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi. (KS)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

4,663FansSuka
648PengikutMengikuti
2,713PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkini