Pj. Gubernur NTB Kunjungi MRMP Bulog di Kabupaten Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebagai rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa, Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., mengunjungi Modern Rice Milling Plant (MRMP) Bulog Sumbawa di Kecamatan Lape, Jumat (03/11/2023) siang.

Kedatangan Pj. Gubernur NTB ke sentra penggilingan beras terbesar di wilayah Indonesia Timur tersebut, didampingi oleh Pimwil Bulog NTB David Susanto.

Turut juga mendampingi, Asisten II Setda NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Peternakan, Kadis Lutkan, Karo Adpim Prmprov NTB. Kemudian, Kadis Ketahanan Pangan dan Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa, serta pejabat Bulog setempat.

“Alhamdulillah melihat infrastruktur ini, kita sangat bangga, karena di Indonesia hanya ada 10 dan salah satunya di NTB,” kata Pj. Gubernur NTB kepada wartawan di lokasi.

Menurutnya, keberadaan MRMP ini sebagai bukti bahwa NTB benar-benar menjadi sentra meras nasional. “Kita juga sudah tanda tangani komitmen kawasan pertanian pangan berkelanjutan 1.006 hektar, oleh kerenanya harapannya infrastruktur ini jangka panjang,” ujarnya.

Lanjutnya, selama ini beras produksi NTB selalu dibawah ke luar daerah. Kemudian olah di sana, kembali lagi ke NTB dijual dalam bentuk beras. “Gabah masih ada potensi untuk keluar daerah, tapi kita ada pengaturan pergubnya. Kita ingin pastikan kebutuhan domestik kita terpenuhi dulu baru kegiatan antar pulau,” terangnya.

“Sekerang kita harapkan tidak lagi keluar daerah, kerana sudah ada MRPM ini. Gabah kita bahkan gabah baru panen dengan adanya ini bisa langsung diproses menjadi beras. Bahkan tadi ada yang divakum untuk menjamin awat 6 bulan ke depan,” tambahnya.

Ia meyakini, dengan adanya MRMP Bulog Sumbawa ini, NTB tidak akan kekurangan pangan. Terlebih lagi, jika lumbung pangan di desa-desa dapat diaktifkan, sehingga apapun yang tejadi, pangan sudah tersedia di lumbung.

Terkait harga beras yang tinggi tambahnya, ia menyarankan masyarakat membeli beras dari Bulog. Munurutnya, kualitas beras bulog sangat baik, tidak kalah dengan yang dipasaran, ditambahlagi harganya yang sangat terjangkau.

“Terkait harga beras yang tinggi, jangan beli di tempat yang mahal. Bulog berapapun kebutuhan bisa disiapkan. Penjualan beras Bulog murah. Ada banyak RPK bisa membeli disana. Beras Bulog tidak kalah dengan beras lain. Beras bulog luar biasa,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Masyarakat Sumbawa Kini Bisa Umroh Dulu, Bayar Belakangan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabar baik bagi masyarakat Kabupaten...

Bulog Sudah Serap Jagung di Sumbawa Sejak 1 Mei 2024, Berikut Daftar Mitranya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Perum Bulog Kancab Sumbawa telah...

Pertamina Siapkan 11.900 KL Avtur Khusus Penerbangan Haji 2024

Surabaya, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyiapkan total...

Stabilkan Harga Jagung, Bulog Bima Terapkan Dua Skema Pembelian

Bima, Kabarsumbawa.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang...