DKP Sumbawa Gelar Temu Lapang dengan Kelompok Budidaya

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa terus melakukan edukasi dan pemberdayaan kepada kelompok nelayan budidaya di daerah ini, Selasa (31/10/2023) di Dusun Rapang, Desa Motong, Kecamatan Utan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Rahmat Hidayat, melalui Sekretaris DKP Sumbawa, Zulkifli,S.Pi, M.Si, mengatakan, kegiatan temu lapang ini adalah wujud keterlibatan pemerintah dalam rangka pembinaan kelompok agar bantuan bisa dimanfaatkan secara optimal.

Menurutnya, bantuan dari pemerintah bersifat stimulus sehingga masyarakat diminta keseriusannya dalam mengelola bantuan yang diberikan agar berhasil dan kalau bisa berkembang terus.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

“Pembudidaya diharapkan tidak memandang bantuan itu dengan setengah hati dan dikelola setengah hati juga,” ungkap Zulkifli.

Ia juga berharap peran aktif dari peserta untuk sharing informasi dalam temu lapang kali ini, termasuk kendala yang dihadapi untuk dicarikan solusinya. “Olah lahan sebelum memulai budidaya udang wajib hukumnya karena jika tidak melakukan pengolahan lahan sama dengan mempersiapkan kegagalan,” ujarnya.

Begitu juga soal sirkulasi air kolam tambak, dimana inlet (air masuk) dan outlet (air keluar) dalam tambak harus dipisah. Selain itu, keberadaan tandon sangat penting untuk pengolahan air sebelum masuk ke petak budidaya.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

“Perlu diperhatikan bahwa pemberian pakan diberikan 3%-5% dari bobot udang yang ditebar dan setelah panen, pengeringan harus maksimal,” tukasnya.

Sementara itu, Kades Motong, Abdul Wahab, A.Md, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Semoga ini berkelanjutan untuk menabah pengetahuan masyarakat nelayan disini,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...