Bersama 7 OPD, Bandara Sumbawa Gandeng SGU Transplantasi Terumbu Karang

Date:

Bersama 7 OPD, Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 tahun 2023, Bandara Udara Muhammad Kaharuddin Sumbawa Besar, melaksanakan kegiatan tanam karang atau transplantasi terumbu karang, di kawasan wisata Pantai Kencana, 13 Agustus 2023 dimulai sejak pukul 9.00 wita.

Dalam kegiatan tersebut, Pihak Bandara Sumbawa Besar menggandeng IKatan Jurnalis Televisi Indonesia atau IJTI Korwil Sumbawa, TNI dan Polri dari Kodim 1607/ Sumbawa dan Polres Sumbawa, Kejari Sumbawa, Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, Basarnas, BPBD Kabupaten Sumbawa, Kantor Pajak Sumbawa, BRI dan komunitas pecinta lingkungan Sumbawa Grow Up (SGU) Sumbawa Besar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bandara Udara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa Besar, Tri Pono Basuki Winianto, S.ST, Kajari Sumbawa, DR. Adung Sutranggono SH, M. Hum, Wakapolres Sumbawa Kompol Iwan Sugianto SH, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1 B. Karsena.S.H.,M.H, Pinca BRI Sumbawa Besar.

Dalam sambutannya, Kajari Sumbawa, DR Adung Sutranggono, berharap dengan transplantasi terumbu karang ini, akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan transplantasi, mudah mudahan ekositem laut di sumbawa bisa terjaga. Apabila karang ini tumbuh, maka akan ada rumah rumah bagi ikan yang sebelumnya rusak oleh beberapa faktor salah satunya bom ikan,” ungkap kajari.

Baca juga:  IJTI NTB Gelar Rakerda Perdana Tahun 2024 untuk Membangun Peran Pers dalam Era Digital

Kepala Bandara Udara Sultan Muhammad Kaharuddin, Sumbawa Besar, Tri Pono Basuki Winianto, S.ST Minggu (13/08/2023) mengatakan, kegiatan transplantasi terumbu karang ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 tahun 2023.

“Kita berkoordinasi dengan beberapa stakeholder di Sumbawa, agar bersama sama menjaga lingkungan terutama ekosistem laut kita dengan penanaman karang di Pantai Kencana,” katanya.

Menurut Tri, dalam kegiatan ini, pihaknya menggandeng pemerhatI lingkungan yang selama ini aktif dan konasisten menjaga laut Sumbawa dengan aksi transplantasi yang sudah dilaksanakan di puluhan lokasi.

“Kita menggandeng Sumbawa Grow Up atau SGU yang selama ini kita tau rekam jejaknya, memperbaiki terumbu karang di lokasi lokasi bekas pengeboman ikan yang karangnya rusak parah,” tegas Tri.

Diharapkan, kata Tri, dengan kegiatan ini akan diikuti oleh pihak lain dalam menjaga lingkungan. “Harapannya, semoga masyarakat di Sumbawa, bisa lebih peduli dengan lingkungannya, bisa menjaga kondisi karang di laut Sumbawa sehingga dapat meningkatkan pariwisata dan tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutup Tri.

Ari Abdussalam, Ketua Sumbawa Grow Up, mengucapkan terimakasih kepada pihak Bandara Udara Sumbawa, TNI dan Polri serta beberapa OPD yang mau melaksanakan transplantasi terumbu karang.

Baca juga:  Pembangunan Masjid Bhayangkara Al-Ikhlas Polres Sumbawa Dimulai

“Sejak tahun 2017 lalu, kami sudah memulai kegiatan ini. Awalnya kami bekerja mandiri dengan tekad memperbaiki laut Sumbawa dari kerusakan akibat bom ikan dibeberapa tempat,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Oi Petruk ini, seiring berjalan waktu, banyak donatur dan swasta yang bergabung dalam aksi jaga laut Sumbawa ini. Beberapa lokasi yang rusak parah akibat bom ikan telah ditanam karang dan telah tumbuh dengan bagus dan menjadi destinasi wisata snorkling dan diving serta menjadi rumah rumah ikan.

“Kami berharap pemerintah NTB dan Sumbawa secara rutin bergabung bersama kami, bersama kita perbaiki dan jaga ekositem laut kita,” pungkasnya.

Kegiatan transplantasi kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng perayaan HUT RI ke-78 di Pantai Kencana oleh Ketua PN Sumbawa Besar.

“Mudah mudahan di HUT RI ke-78 ini Indonesia makin maju dan mudah mudahan dengan transplantasi karang ini, hasilnya akan dinikmati oleh anak cucu kita,” tutup Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar Kelas 1 B. Karsena.S.H.,M.H. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Populer

More like this
Related

IJTI NTB Gelar Rakerda Perdana Tahun 2024 untuk Membangun Peran Pers dalam Era Digital

Lotim, Kabarsumbawa.com - Pengurus daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia...

Pembangunan Masjid Bhayangkara Al-Ikhlas Polres Sumbawa Dimulai

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Peletakan batu pertama oleh Bupati...

Rachmat Hidayat Antar Langsung Bantuan Kursi Roda Elektrik untuk Dalang Wayang Sasak

Mataram, Kabarsumbawa.com - Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan...

Brimob Jadi Perhatian Warga Saat Karnaval Budaya HUT ke 65 Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang...