Pemda Sumbawa Mulai Revitalisasi KUD

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemda Sumbawa melalui Dinas Koperasi UMK Perindustrian dan Perdagangan saat ini sedang mencoba untuk mulai merevitasilasi Koperasi Unit Desa (KUD). Hal ini dilakukan guna mengembalikan kejayaan KUD yang memiliki peran penting terhadap anggotanya.

“Kami sedang revitalisasi KUD. Kita tahu dulu KUD itu berjaya, kita punya banyak KUD aktif dan punya peran penting terhadap anggotanya yang merupakan kelompok tani,” kata Kepala Dinas Koperasi UMK Perindustrian dan Perdagangan Sumbawa Dr. Dedy Heriwibowo kepada wartawan, Selasa (16/05/2023) di ruang kerjanya.

Baca juga:  Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Menurutnya, yang paling krusial atas KUD ini adalah banyaknya asset mereka yang terbengkalai. Kemudian, kepercayaan anggota dan pasarnya yang masih belum kembali seperti dulu.

“banyaknya asset mereka yang terbengkalai. Kemudian, kepercayaan anggota dan pasar mereka yang masih belum kembali,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya mendorong KUD untuk bisa menghadapi transformasi zaman yang sudah sangat maju dan bersentuhan dengan teknologi. Kemudian, juga mendorong keterlibatan anak muda dalam kepengurusannya.

“Sekarang ini KUD menghadapi transpormasi dari jaman dulu ke jaman sekarang yang mulai bersentuhan dengan teknologi, KUD punya tantatangan disitu. Karena memang pengurus KUD sekarang ini usainya rata-rata sudah relative tua, namun mereka sangat semangat. Tapi kita mendorong anak-anak muda menjadi tandem generasi pengurus lama untuk meneruskan KUD ini,” terangnya.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Tambahnya, pemda berharap agar keberadaan KUD dapat memaksimalkan potensi yang ada. Terutama kelompok usaha tani agar dapat terorganisir dengan pola koperasi.

“Intinya kami inggin agar potensi yang ada di desa terutama kelompok usaha tani dapat diorganisir dengan pola koperasi,” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sekda Apresiasi KPK Beri Pendidikan Antikorupsi Pada Masyarakat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa mengikuti...

Wabup Sumbawa Sebut Kader Posyandu Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kader posyandu menjadi ujung tombak...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...

Kabupaten Sumbawa dan KSB Sepakat Kolaborasi Cegah dan Kendalikan Penyakit Malaria

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten...