6 Prioritas Pembangunan Kabupaten Sumbawa Tahun 2024

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemeintah Kabupaten Sumbawa mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sumbawa Tahun 2024.

Musrenbang dibuka secara remsi oleh Wakil Bupati Sumbawa ibu Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd., Selasa (21/03/2023) di lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kab. Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Ketua BRIDA Prov. NTB, Sekban Bappeda Prov. NTB, Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kades, Forum Disabilitas, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Bapak Endang Syaifuddin Nusantara Husainy, S.Sos.,MT mengatakan bahwa, musrenbang tingkat Kabupaten ini merupakan finalisasi dari perjalanan proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah. Hal ini untuk menunaikan amanat regulasi dan perundang-undangan tentu juga dalam rangka mendorong partisipasi publik dalam rangka menghasilkan rencana kerja yang terus meningkat kualitasnya dari tahun ke tahun.

Pendekatan perencanaan tahun ini secara substansial merupakan implementasi dari Permendagri 86 tahun 2017 di mana musrenbang RKPD merupakan Sinergi dari rancangan Renja perangkat daerah usulan masyarakat yang disampaikan oleh musrenbang kecamatan, kemudian pokok-pokok pikiran DPRD di senergikan menjadi satu dalam dokumen RKPD sehingga nanti sekitar bulan Mei penetapan RKPD sudah merupakan kompilasi dari banyak aspek perencanaan menjadi yang satu dalam rencana kerja Perangkat daerah Tahun Anggaran 2024.

Baca juga:  MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Dijelaskan, musrenbang yang mengangkat tema tentang peningkatan pembangunan ekonomi yang berdaya saing dan layanan dasar yang berkeadilan dengan 6 rancangan prioritas pemerintah daerah yaitu, tentang peningkatan layanan dasar dan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing. Memperkuat prekonomian melalui peningkaatkan kwalitas produk unggulan daerah dan ekonomi kreatif. Meningkatkan kwalitas reformasi birokrasi dan pelayanan publik menuju akuntabilitas yang paripurna.

Kemudian, memperkuat struktur maayarakat Kabupaten Sumbawa yang aman dan berbudaya. Memperkuat pengembangan infrastruktur. Meningkatkan tata kelola lingkungan hidup dan, Perubahan iklim serta mitigasi bencana.

Sementara itu, wakil bupati mengatakan, sejak tahun 2021, program dan janji politik pemerintahan Mo-Novi belum sepehuhnya trealisasi.

Baca juga:  Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

“Memang sejak kami dilantik tahun 2021 bersama pak Bupati, disaat itu masa pandemi covid, otomatis semua program dan janji politik kami bersama pak Bupati “Haji MO” belum sepenuhnya bisa terrealisasi karena anggaran kita masih terbatas. Walaupun dengan keterbatasan dana, Alhamdulillah program-program unggulan dan prestasi- prestasi di tahun 2022 sampai dengan 2023 kami sudah bisa membanggakan diri sampai ke tingkat Nasional,” kata Wakil Bupati Sumbawa.

Wakil Bupati mengatakan bahwa forum MUSRENBANG menjadi focus utama menyatukan dan memperjuangakan aspirasi masyarakat untuk menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dibiayai melalui APBD tahun 2024.

Ia mengingatkan agar semua program unggulan “MO-NOVI” yang tercantum didalam Perda RPJMD Kabupaten Sumbawa tahun 2021 sampai tahun 2026 agar dapat dikawal implementasinya menjadi program prioritas daerah dan memastikan pendanaan secara maksimal.

Selanjutnya Wabup meminta kepada seluruh stakeholder untuk bersama-sama bergotong royong, berkolaborasi dan bersinergi untuk Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban. (KS/Ardi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...

Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Gelora Sumbawa mengusung Burhanuddun...