Soroti Pengiriman Ayam Beku, Komisi II Saran Perketat Lalu Lintas Bahan Asal Ternak

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Maraknya pengiriman ayam beku di Kabupaten Sumbawa menyita perhatian banyak pihak. Salah satunya, Sekretaris Komisi II DPRD Sumbawa Ridwan, SP.

” Adanya temuan daging illegal yang di razia oleh tim gabungan OPD tekhnis, membuktikan masih lemahnya pengawasan lapangan yang dilakukan oleh pihak karantina hewan badas, jika ada temuan daging -daging tanpa dokumen lengkap oleh tim gabungan OPD, sangat jelas sekali minimnya pemeriksaan baik itu pelabuhan, bandara antar pulau dari pihak karantina”. Kata Ridwan kepada wartawan, Senin (13/02/2023) di Sumbawa.

Baca juga:  Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Untuk itu, ia meminta kepada pemda melalui dinas terkait untuk meningkatkan pengawasan melalui pengetatan lalu lintas bahan asal ternak. Ia juga meminta kepada Kantor Karantina hewan badas untuk lebih ekstra juga melakukan pengawasan lapangan, terutama di pelabuhan dan pintu-pintu masuk antar kabupaten.

“pengawasan tersebut penting untuk meminimalisir masuknya daging atau ternak potong yang tidak dilengakapi dokumen resmi,” ujarnya.

Bukan itu saja, kepada tim gabungan OPD pemerintah daerah, komisi II meminta agar daging atau hewan potong yang masuk ke kabupaten sumbawa dari pulau lain, harus ada rekom penerimaan atau rekom masuk dari dinas tekhnis. contohnya tujuan asal barang dan lokasi bongkarnya harus sesuai dengan rekom yang tertera.

Baca juga:  Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

” Jangan sampai di surat rekomnnya tertera barang asal dari kabupaten lombok timur, rekom bongkar dan masuk serta jualnya ke kabupaten bima, namun di bongkar dan di jual di pasar- yang ada di kabupaten sumbawa, ini sudah menyalahi aturan dan harus di tindak tegas”. Pintanya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sumbawa Usulkan Belasan Hektar Lahan untuk Cetak Sawah Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Pengeluaran Ternak Kabupaten Sumbawa Capai 13.608 Ekor

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa telah mengirim belasan...

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...