Pemda Sumbawa dan Kejaksaan Tantangani Kerjasama Bantuan Hukum

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa berdama dengan Kejaksaan Negeri Sumbawa menjalin kerjasama bidang bantuan hukum perdata dan tata usaha Negara.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dan Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Dr. Adung Sutranggono, S.H., M.Hum., Senin (13/02/2023) pagi tadi.

Kegiatan disaksikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Sekda Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa, dan para Asisten Sekda.

Bupati menyambut baik terlaksananya penandatanganan perjanjian kerjasama ini. Sebab menurutnya perlindungan dan pendampingan hukum memang sangat dibutuhkan pemerintah daerah terutama ketika berhadapan dengan persoalan hukum perdata dan tata usaha negara.

Dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini, Bupati berharap penyelesaian masalah hukum Pemkab Sumbawa di bidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran. Untuk itu, Pemkab Sumbawa dan Kajari Sumbawa mesti intens menjalin koordinasi untuk keperluan pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, konsultasi hukum dan tindakan hukum lainnya, sehingga dapat memberikan jaminan keberhasilan dalam upaya penegakan hukum di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

Bupati juga berharap perjanjian kerjasama ini tidak menimbulkan salah persepsi dalam pandangan dan penilaian masyarakat. “Perlu saya tegaskan bahwa perjanjian kerjasama ini hanya dalam bidang perdata dan tata usaha negara. Jangan ada kesan di tengah masyarakat bahwa dengan perjanjian kerjasama  ini, Pemkab Sumbawa berusaha membatasi wewenang kejaksaaan untuk memeriksa aparat Pemkab Sumbawa dalam bidang pidana dan pidana khusus.” Tegasnya.

Muara dari perjanjian kerjasama ini menurut Bupati adalah untuk melahirkan aparat Pemkab Sumbawa yang jujur, lurus dan bebas korupsi. Hal tersebut tentunya akan terwujud apabila aparat Pemkab Sumbawa yang berjiwa profesional, jujur dan berkualitas dapat dijaga dan dikawal oleh aparat Kejaksaan yang profesional, jujur, lurus dan bebas korupsi pula.

Baca juga:  Proyek Peningkatan Jalan SJP Lito dan Penyaring - Labu Sawo Ditender

Pada kesempatan tersebut, Bupati berpesan kepada seluruh kepala OPD agar dalam menjalankan tugas dan kewajibannya senantiasa memahami dan berjalan sesuai regulasi normatif dan regulatif yang ada, sehingga tidak terjadi penyimpangan.

“Meskipun sudah ada perjanjian kerjasama dengan Kejaksaan, kita harus senantiasa berhati-hati dalam pelaksanaan dan penatausahaan pemerintahan di Kabupaten Sumbawa, tentunya  dengan semaksimal mungkin menghindarkan potensi terjadinya masalah perdata, serta meminimalisir terjadinya mal-administrasi.” Tutup Bupati. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...