Bulog Sumbawa Pastikan Kualitas Stok Beras Terjaga

Omar Sahrif

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bulog Sumbawa memastikan kualitas atau mutus stok beras digudangnya terjaga dengan baik. Bahkan, beras dari Sumbawa mendapatkan apresiasi dari daerah lain karena kualitasnya.

Pinca Bulog Sumbawa Omar Sharif kepada wartawan, Selasa (24/01/2023) di Sumbawa mengatakan, pihaknya menjamin mutu stok beras yang ada tetap terjaga hingga disalurkan.

Sebab katanya, Bulog memili sistem perawaran untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan mutu beras selama proses penyimpanan di gudang. Selain itu juga lanjutnya, usia simpan tidak lebih dari 6 bulan untuk beras, dan 1 tahun untuk gabah. Jika sudah mencapai batas usia simpan, maka harus segera dikeluarkan melalui berbagai mekanisme, salah satunya melalui kehiatan movenas ke daerah defisit.

Baca juga:  Bulog Mulai Serap Gabah Petani di KSB

“Untuk meminimalisir penurunan mutu tersebut, ini biasanya diberikan tindakan fumigasi guna mencegah hama (kutu), sebagaimana umumnya dilakukan beberapa pengusaha besar di gudang miliknya. Usia beras di dalam gudang maksimal 6 bulan dan gabah sampai 1 tahun. Ini kita upayakan habis sebelum masa itu,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkab Sumbawa menggelar Ekspedisi Bahari wilayah barat

Menurutnya, beras dari Sumbawa mendapat apresiasi dari daerah di luar NTB, seperti NTT, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan lainnya yang menjadi daerah langganan pasokan beras dari Bulog Sumbawa.

“Kualitas beras kita mendapat apresiasi dari daerah-daerah yang menjadi tujuan distribusi beras NTB khususnya Bulog Sumbawa,” pungkasnya. (KS/aly)