Tiga Desa di Sumbawa Dapat Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Terbaik Tahun 2022

Kadis DLH Sumbawa Syafruddin Nur
Kadis DLH Sumbawa Syafruddin Nur

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tiga desa di Kabupaten Sumbawa mendapatkan perhargaan Pengelolaan Lingkungan Terbaik Tahun 2022 dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, Syaruddin Nur.

Kepada wartawan, Minggu (22/01/2023) ia menyebutkan, tiga desa dimaksud yakni, Desa Marente, Kecamatan Alas mendapatkan peringkat I kategori Peningkatan Kegiatan Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Huta. Kemudian, Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu mendapatkan peringkat II di kategori yang sama.

Baca juga:  STQ KORPRI Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Sumbawa Resmi Ditutup

Selanjutnya, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir mendapatkan perinkat I kategori Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Dijelaskan, desa tersebut sebelumnya telah mengikuti penilaian Penghargaan Untuk Desa yang Melakukan Pengelolaan Lingkungan Terbaik Tahun 2022.

Terdapat lima kategori penghargaan yakni Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Lahan. Pengelolaan Persampahan.  Ketangguhan Terhadap Bencana. Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Dan Pembangunan Rendah Karbon.

“Kita ada 5 desa mengajukan permohonan. Yakni Labu Sangor, Lape, Marente, Batu Tering dan Batu Bangka. Tapi Labu Sangor dan Lape tidak masuk Ketegori, jadi ada tiga desa dapat penghargaan di bidang lingkungan hidup dari DLHK Prov NTB,” ungkapnya.

Baca juga:  Kasus Meningkat, DPRD Sumbawa Minta Gugus Tugas Tingkatkan Edukasi Masyarakat

Atas capaian tersebut, ia menyampaikan selamat. Diharapkan, apa yang telah diraih tersebut agar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

“Kita ucapkan selamat kepada desa yang mendapatkan penghargaan. Tentu ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (KS/aly)