Pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong Dimulai

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kabupaten Sumbawa memiliki potensi besar yang perlu dikembangkan. Untuk mengembangkan potensi tersebut, sangat diperlukan dukungan infrastruktur yang memadai. Salah satunya pelabuhan yang refresentatif.

Harapan dari semua masyarakat Kabupaten Sumbawa itu kini terwujud. Ground breaking oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Bapak Arief Prasetyo Adi, S.T.,MT., menandai pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong yang terletak di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang resmi dimulai tahun ini.

Kegiatan yang dilaksanakan, Rabu (11/01/2023) ini, kepala Bapenas RI didampingi oleh Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bapanas mengatakan akan mengupayakan percepatan pembangunan pelabuhan Tanjung Santong. Bahkan Arief menargetkan pembangunan pelabuhan ini selesai dalam waktu 10 bulan.

Baca juga:  Bupati Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Osap Sio

Ia juga menyebut Pelabuhan Tanjung Santong akan dibangun dengan dermaga berkapasitas besar sehingga dapat menampung kapal dengan ukuran dan muatan yang juga lebih besar. Dengan begitu, ungkapnya, keberadaan pelabuhan ini nantinya dapat menambah mobilitas distribusi hasil pertanian dan peternakan masyarakat Sumbawa signifikan.

Senada dengan Kepala Bapanas, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyebut keberadaan Pelabuhan Tanjung Santong dengan Dermaga berkapasitas besar dan meningkatnya mobilitas distribusi hasil bumi akan dapat mengatasi persoalan harga komoditas pertanian dan peternakan masyarakat NTB, khususnya di Pulau Sumbawa.

Baca juga:  Wabup Harapkan UMKM dan Koperasi Jadi Penggerak Ekonomi Daerah

Sementara itu, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Sumbawa memiliki potensi besar untuk dikembangkan, karena itu harus didukung dengan infrastruktur yang efisien dan memadai. Terlebih kondisi Pelabuhan Badas yang ada saat ini tidak memungkinkan lagi untuk diperluas, sehingga menurut Bupati, pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong ini menjadi solusi yang sangat tepat dan dinanti masyarakat Sumbawa.

Karena itu, Bupati berharap proses pembangunan pelabuhan ini dapat segera dimulai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Truk Berpendingan untuk Poklahsar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus berupaya...

Proyek Penanganan Ruas Jalan SJP Lito Sudah Berkontrak

Sumbawa Besar, Besar, Kabarsumbawa.com - Penanganan ruas Simpang Jalan...

Berikut Hasil Pengawasan Periode ke-3 Proses Coklit Data Pemilih Pilkada Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...