Pilkades Serentak 2022, Berkas Administrasi Balon Kades Sedang Diteliti

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 20 Desa di Kabupaten Sumbawa akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022. Berbagai tahapan telah terlaksana, dan saat ini dalam proses penelitian administrasi bakal calon Kepala Desa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa – Anhuyas kepada wartawan, Kamis (06/10/2022). Tahapan penelitian administrasi bakal calon ini akan berlangsung hingga 12 Oktober mendatang. Setelah itu, pada 13 Oktober baru diumumkan hasilnya.

Baca juga:  Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Lebih lanjut Uchas – sapaan akrabnya memaparkan, pada 14 Oktober dilaksanakan seleksi tambahan bagi tiga Desa yang jumlah pendaftarnya lebih dari lima orang. Seperti Desa Kakian Kecamatan Moyo Hilir 6 peserta, Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu terdapat 8 peserta dan Labuhan Jambu Kecamatan Tarano 11 peserta.
“Ada beberapa tes yang dilakukan untuk seleksi tambahan. Dalam seleksi tambahan ini panitia bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai tim seleksi,” terangnya

Diungkapkan, penetapan calon Kades di 20 Desa dilakukan pada 17 Oktober mendatang. Sekaligus mengambil nomor urut calon. Baru pada 18 Oktober diumumkan ke masyarakat.

Baca juga:  Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

“Dihimbau kepada panitia agar saat pengambilan nomor bisa undang berbagai pihak, terutama pihak keamanan. Supaya kegiatan berjalan aman dan lancar,” tuturnya.

Sementara untuk masa kampanye berlangsung tiga hari yakni 25 hingga 27 Oktober 2022. Selanjutnya masuk masa tenang, dan pada 2 November hari pencoblosan.

“Kampanye berupa dialog, tatap muka, pertemuan terbatas, pemasangan alat peraga, dan lainnya. Ini yang diatur dalam regulasi,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dua Instruktur BLK Sumbawa Juara KKIN IX Regional Wilayah Barat 3, Satu Tembus Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Prestasi gemilang diraih oleh Dua...

Pelayanan CT Scan RSUD Sumbawa Dialihkan ke RSMA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan Computed Tomography Scan atau...

Wabup Beri Penjelasan Kasus Pengadaan Masker yang Seret Namanya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus dugaan korupsi pengadaan masker...

Pemkab Sumbawa Pastikan Pengadaan Lahan Samota Tidak Sia-Sia

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah melakukan...