Pengadaan Kambing Tuntas, Sapi 81,67 Persen

Pengadaan Kambing Tuntas, Sapi 81,67 Persen
Kepala Disnakeswan Sumbawa H. Junaidi, S.Pt

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswas) tahun 2022 ini melakukan pengedaan hewan ternak jenis Kambing dan Sapi.

Hingga saat ini, pengadaan Kambing Bibit Betina Tinggi 55 Cm tersebut telah rampung. Sementara, untuk pengadaan Sapi Betina Tinggi 100 Cm mencapai 81,67 persen atau 762 ekor daro total pengadaan 933 ekor.

“pengadaan Kambing Betina sudah tuntas sejak tiga minggu lalu. Untuk sapi sedang dalam proses dan saat ini sudah mencapai 81,67 persen,” kata Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa H. Junaidi, S.Pt, kepada wartawan, Kamis (22/09/2022) di ruang kerjanya.

Baca juga:  Petugas Bubarkan Balap Liar Ditengah Wabah, Amankan Puluhan Motor

Disebutkan, sejauh ini pengadaan tersebut berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Sehingga, diperkirakan akan tutas pada awal Oktober mendatang.

“Insyaalah untuk Sapi ini rampung 2 bulan pengadaan dari 4 bulan yang direncanakan. Alhamdulillah tidak ada kendala walaupun ada PKM. Karena kita sudah ademdum kontraknya kemarin dalam hal lokasi seleksi ternak, yang dimana semua dilakukan di Pasar Hewan Bangkong, menjadi di lokasi pembelian,” pungkasnya.

Ia menambahkan, ternak hasil pengadaan dipastikan sehat sebelum diserahkan kepada penerima. Ternak terlebih dulu divaksin bagi yang sehat, dan diisolasi bagi yang sakit.

Baca juga:  Brimob Polda NTB Gerebek Tempat Penimbunan Motor Curian

“Nanti ternak pengadaan kita pastikan sehat sebelum didistribusikan ke penerima, kita vaksin memang. Jadi sekarang bukan saja spesipikasi teknis, tapi kita pastikan benar-benar sehat,” pungkasnya. (KS/aly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.