GNRM UNSA: Wujudkan Indonesia Bersih Melalui Gerakan Gotong Royong Bersih Kampus, Sungai, Pantai, dan Taman Kota

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Gotong royong atau kerja bakti merupakan satu hal yang sangat positif, dimana dengan adanya gotong royong, rasa kebersamaan dan rasa toleransi antar warga atau antar sesama akan semakin tinggi. Masyarakat Indonesia dikenal senang membantu dan bahu membahu. Salah satu bukti dari kebiasaan saling membantu yang dimiliki orang Indonesia adalah adanya budaya gotong royong.

Universitas Samawa (UNSA) bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Bersama Masyarakat melaksanakan kegiatan program gotong royong yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang dilaksanakan 12 – 15 September 2022 bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kerato, Kelurahan Brang Biji,dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, diikuti oleh 400 mahasiswa baru terbagi berdasarkan kelompok ke masing-masing lokasi.

Baca juga:  Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Kegiatan gotong royong pertama kali diawali dari lingkungan Kampus. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para civitas akademika dalam menjalani aktifitas, mengingat fungsi kampus sebagai titik pusat interaksi mahasiswa dalam menuntut ilmu. Adapun lokasi-lokasi yang berada di luar lingkungan kampus bertujuan untuk mengajak masyakat umum agar senantiasa terlibat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan menuju Sumbawa gemilang yang berkeadaban.

M. Anugerah Puji Sakti, S.H., M.H., CME. selaku koordinator pelaksanaan Aksi gotong royong menjelaskan bahwa program gotong royong telah dilaksanakan di empat lokasi yang berbeda yaitu Kampus, Bantaran Pinggir Sungai Wilayah Kelurahan Brang Biji, Pantai Saliper Ate, dan Taman Kota Genang Genis.” Mahasiswa diatur di setia kelompok,dan di bagi-bagi pada lokasi yang berbeda-beda.Kegiatan gotong royong wujudkan lingkungan bersih,dan mahasiswa ikut berperan dalam meningkatkan kesehatan lingkungan”.

Baca juga:  Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Syarif Fitrianto, M.Pd. selaku penanggung jawab aksi lapangan menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong yang dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan rasa dan sikap saling tolong-menolong, sukarela, saling membantu, dan memiliki sifat kekeluargaan diantara mahasiswa, membina hubungan sosial yang baik dengan masyarakat di sekitar, menciptakan rasa kebersamaan dan menumbuhkan kasih sayang, dan mempererat tali silaturahmi (persaudaraan) antar mahasiswa baru.

Dr. Ieke Wulan Ayu, STP., M.Si. selaku Ketua LPPM Unsa sekaligus penanggung jawab program GNRM UNSA Tahun 2022, mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak terutama, pada pemerintah desa/kelurahan, Dinas DLH Kabupaten Sumbawa, atas bantuan selama aksi berlangsung. “Semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus,masyarakat bersama mahasiswa terjun bergotong royong bersama, semua didasarkan atas kepeduliaan bersama.” (KS)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tim Universitas Mataram (Unram) Provinsi...

SDN 13 Sumbawa Pelopori Program Anti Bullying dan Kekerasan Terhadap Anak dalam MPLS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai Sekolah Penggerak SDN 13...

Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Prestasi gelimang diraih oleh Amna...

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...