Gelar Workshop dan Seminar Nasional, STAI NW SAMAWA Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan (STAI NW) Samawa Sumbawa menggelar workshop dan seminar nasional dalam rangka peningkatan mutu perguruan tinggi. Kegiatan dilaksanakan, Kamis (18/08/2022) di ruangan pertemuan STAI NW Samawa.

Ketua STAI NW SAMAWA Mainuddin, M.Pd.I menjelaskan, terdapat 3 agenda kegiatan yang dilaksanakan hari ini. Pertama, Workshop Review Kurikulum dan Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menghadirkan narasumber Dr. Saparuddin, M.Ag Wakil Dekan I Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Mataram dengan materi Kebijakan Kurikulum KKNI Berbasis MBKM.

Kegiatan kedua, workshop Metodologi Penelitian dan Publikasi Ilmiah oleh Dr. Emawati, M.Ag Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah, LP2M UIN
MAtaram menyampaikan materi urgensi penelitian dan publikasi ilmiah bagi dosen dan lembaga.

“Dua kegiatan ini diikuti oleh seluruh doses dan tenaga pendidikan STAI NW Sumbawa,” ungkapnya.

Baca juga:  Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa
Gelar Workshop dan Seminar Nasional, STAI NW SAMAWA Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi
Workshop dan Seminar Nasional

Sementara kegiatan ketiga lanjutnya, yakni Seminar Nasional Strategi Pembelajaran Abad 21 menghadirikan narasumber yang sama dengan kegiatan sebelumnya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa STAI NW Sumbawa.

Mainuddin berharap, kegiatan tersebut berdampak pada peningkatan mutu perguruan tinggi yang berimbas pada pemenuhan akreditasi, baik lembaga maupun program studi di perguruan tingggi yang ia pimpin saat ini.

“mudahan dengan adanya workshop dan seminar ini nanti bisa memberi efek yang luar biasa dan bisa meningkatkan mutu STAI NW SAMAWA kedepannya,” harapnya.

Melalui kesempatan ini, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia hadir dan memberikan materi pada kegiatan yang ia gelar perdana setelah ditunjuk menjadi Ketua STAI NW SAMAWA.

Baca juga:  Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

“Ahlamdulillah, selamat datang terima kasih kepada bapak Dr. Sapar dan Dr. Ema yang telah meluangkan waktu hadir di sini,” ungkapnya.

Dr. Sarapudin dalam materinya menyampaikan bahwa, kebijakan merdeka belajar pada perguruan tinggi bertujuan untuk melengkapi kebijakan KKNI dan OBE. Khsusu untuk OBE lanjutnya, fokus menghebatkan peran dari lulusan.

Lanjutnya, perguruan tinggi dalam menghebatkan peran lulusan bisa menawarkan kegiatan pada luar prodi pada perguruan tinggi yang sama, perguruan tinggi lain, dan luar perguruan tinggi. Kegiatan di luar perguruan tinggi bisa dilakukan di satuan pendidikan, dunia kerja dan masyarakat.

Sementara, Dr. Emawati dalam materinya menyampaikan bahwa, pentingnya penelitian publikasi merupakan salah satu dari Tridharma Dosen, menambah angka akreditasi dosen, meningkatkan pemasukan dosen, menyumbang poin akreditasi lembaga, dan menyelesaikan masalah masyarakat. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Tim UNRAM Raih Pendanaan PKM-PM untuk Tingkatkan Literasi Sains Siswa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tim Universitas Mataram (Unram) Provinsi...

SDN 13 Sumbawa Pelopori Program Anti Bullying dan Kekerasan Terhadap Anak dalam MPLS

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai Sekolah Penggerak SDN 13...

Hebat! Amna Kayla Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Terpilih Jadi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Prestasi gelimang diraih oleh Amna...

Wakili NTB, Siswi MAN 1 Sumbawa Barat Akan Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Amna Kayla, siswi Madrasah Aliyah...