Sumbawa Siapkan Destinasi Wisata Budaya

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Dr. Ikhsan Safirti, M.Si., menyebutkan, Pemda tengah mempersiapkan destinasi wisata budaya. Saat ini, pihaknya masih melakukan verifikasi terhadap semua cagar budaya yang ada.

Ia menjelaskan, penyiapan destinasi wisata budaya ini merupakan wujud dari salah satu program unggulan Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah – Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd (Mo-Novi).

“Sepuluh program prioritas, Dikbud bersentuhan dengan dua program unggulan salah satunya pariwisata budaya, termasuk di dalamnya yaitu melestarikan cagar budaya,” jelasnya.

Baca juga:  Proyek Peningkatan Jalan SJP Lito dan Penyaring - Labu Sawo Ditender

Diketahui ungkapnya, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati tahun 2010, tercatat 42 jenis cagar budaya yang ada di Sumbawa. Inilah yang akan diverifikasi kembali untuk memastikan kesamaan antara data yang ada dengan kondisi di lapangan. Jika semua sudah disingkrinkan, maka bisa diterbitkan SK terbaru.

“Saat ini kita sedang melakukan verifikasi terhadap 42 jenis cagar budaya ini yang bisa menjadi destinasi wisata budaya bagi pariwisata. Pengamatan sementara kita menunjukkan bahwa 42 cagar budaya ini ada beberapa yang sudah secara fakta atau eksisting sudah tidak ada. Misalnya Bala’ Alas ada tercantum di sana (dalam SK), tapi secara fakta sudah tidak ada yang kita lihat di dekat masjid Al Manar itu. Nah ini ada beberapa lagi yang terindikasi sudah tidak ada di lapangan, tetapi masih ada di dalam daftar,” ungkapnya.

Baca juga:  34 Calon Jamaah Haji Sumbawa Masuk Kategori Lansia Beresiko Tinggi

“Langkah pertama kita adalah melakukan verifikasi, sehingga data lapangan sinkron dengan data kita. Ketika nanti sudah disinkronisasi, maka akan diterbitkan SK baru yang kemudian berdasarkan itulah kita melakukan pembinaan terhadap cagar budaya,” pungkasnya. (KS/aly*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Segera Buka Pendaftaran Pilkada, Gelora Sumbawa Syaratkan Calon Komit Tetap Harmonis Jika Terpilih

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa...

Dislutkan Sumbawa Rehap Kolam Induk BBIAT Rhee

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa memiliki potensi sumberdaya...

Anggota DPRD Sumbawa Sampaikan Aspirasi Masyarakat dalam Sidang Paripurna Hasil Reses 2021

**Sumbawa Besar, kabarsumbawa.com** - Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa telah...

Pasangan MOFIQ Segera Terima SK Golkar dan PDIP

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dan...