Baksos dan Vaksinasi Covid-19 Semarakan JAK Sumbawa Barat Seri 2 

Date:

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Rangkaian kegiatan Trabas Jelajah Alam KSB atau JAK seri ke-2, Komunitas Trabas Sumbawa Barat bersama Aparat TNI dari Kodim 1628/SB, Kepolisian Polres Sumbawa Barat, menggelar baksi sosial dan vaksinasi Covid-19 di lapangan Desa Seleto, Sabtu (22/01/2022).

Dandim 1628/SB, Letkol Czi Sunardi, (22/01/2022) mengatakan, ajang JAK seri ke-2 yang digelar di Desa Seloto ini, digelar sekaligus melaksanakan kegiatan bakti sosial masyatakat dengan membagikan sembako dan juga vaksinasi.

“Selain ajang silaturrahmi antara komunitas trabas yang datang dari semua daerah di Pulau Sumbawa, yang tidak kalah penting juga mengelar giat bakti sosial memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar dengan harapan sedikit membantu ditengah pandemi covid -19,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut dandim, tidak hanya sekedar memenuhi hasrat dan hobby para komunitas trabas dengan motto motto ramah dijalan garang dihutan dan peduli sesama, namun juga dibarengi kegiatan sosial kemasyarakatan. Para peserta juga diajak untuk mengimbau kepada masyarakat dan tetangga dan keluarga tekait upaya percepatan penanganan covid -19.

“Kita minta semua peserta trabas agar gencar membantu pemerintah dan aparat, untuk sosialisaai prokes khusus kepada masyarakat yang berada di perdesaan terutama yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera mendatangi gerai gerai vaksin yang digelar pemerintah ditempat tempat yang telah ditentukan,” pungkas Dandim 1628.

Komunitas trabas, kata dandim, juga dapat berperan dalam mempromosikan pariwisata yang mungkin selama ini belum terekspos.

“Dengan informasi dari komunitas trabas, banyak obyek onyek wisata alam baru yang belum terekspos dan belum dijamah karena keterbatasan akses, sehingga bisa dikembangkan oleh pemerintah,” jelas dandim.

Sementata itu, Ketua Panitia JAK seri-2, Seloto, Lukmanul Hakim, mengatakan, panitian telah menyiapkan jalur sepanjang 40 kilometer dengan kondisi medan yang cukup menantang. Jalur yang akan dilewati berupa perbukitan, sungai dan Danau Lebo Taliwang.

Trabas JAK seri-2, ini dilaksanakan sebagai upaya membangkitkan kembali pariwisata yang selama ini lesu akibat pandemi Covid-19. Dengan hadirnya peserta dari semua wilayah se-Pulau Sumbawa, tentunya akan memgunjungi obyek obyek wisata yang ada di Sumbawa Barat, di selah selah kegiatan trabas.

“Sebagai panitia kita sangat berterimakasih kepada TNI/Polri dan Pemda KSB, yang telah mendukung kegiatan ini, termasuk bantuan sembako dan juga vaksinasi bagi warga kami,” kata Lukman.

Kades Seloto, Jalaluddin Fatawari, mengatakan, ajang trabas ini berdampak positif terutama bagi warga desa, yang berjualan di lapangan lokasi titik kumpul yang merupakan garis start dan finish.

“Banyak yang jualan di lokasi, jajanan, makananan, kemudian BBM juga banyak dibeli untuk kendaraan peserta dan lain lain,” katanya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Tradisi Bastamat dan Bawa Kampu ko Masjid Saat Ramadan Tetap Dilestarikan Warga Desa Gontar

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Warga Desa Gontar, Kecamatan Alas...

Puncak HUT KSB ke 20, Tarian Kolosal Dua Det Dua Puluh Gutus Tampil Memukau

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Puluhan penari  yang beraksi di ...

FILM KAMAKI RAIH JUARA HARAPAN KATEGORI MITOS FESTIVAL DESA BKN PDIP

Kabarsumbawa.com - Film pendek yang berjudul Kamaki garapan Rajasua...

100 Tahun Desa Batu Bulan, Masyarakat Semarakkan Tradisi Nuja Rame

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka memperingati 100 tahun...