Jelang Nataru, Harga Telur Ayam dan Cabe Rawit Naik

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa terus melakukan pemantauan harga bahan pokok menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Seperti yang dilakukan, Kamis (23/12/2021) di sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan hasil pantauan, ditemukan beberapa komoditi mengalami kenaikan harga.

Seperti, telur ayam dari harga Rp 45.000/tray naik menjadi Rp 55.000/tray. Kamudian, cabe rawit naik menjadi Rp 70.000/kg dibandingkan harga pada Senin 13 Desember lalu, Rp 60.000/kg.

Baca juga:  Penjelasan 4 Ranperda Usul Pemerintah Daerah Tahun 2023

“Beberapa harga bahan pokok mengalami kenaikan dibandingkan pekan lalu,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Perdagangan Iwan Setiawan, S.P., M.Si kepada wartawan.

Dijelaskan, penyebab kenaikan harga telur ayam dikarenakan sempat terjadinya kekosongan stok di pemasok. Penyebab lain lanjutnya, diperkirakan karena trend kenaikan konsumsi masyarakat saat libur sekolah dan menjelang nataru.

Baca juga:  Kabupaten Sumbawa Dapat Tambahan 22.920 Tabung LPG Subsidi

Sementara kenaikan harga cabe rawit dipicu karena pasokan saat ini hanya dari luar daerah. Sementara, di sentra produksi lokal seperti Lunyuk, Labangka, dan Buer terjadi kekosongan produksi lantaran lahannya digunakan untuk penanaman padi dan jagung.

Terhadap kondisi ini, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam membeli. Sementara kepada para pedagang, agar tidak memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan diluar kewajaran. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Musrenbang RPJMD 2025 – 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa menggelar Musyawarah Rencana...

Penjelasan 4 Ranperda Usul Pemerintah Daerah Tahun 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Dr....

Sumbawa Terima 76 Titik Akses Internet dari BAKTI Kominfo, Dikhususnya untuk Satuan Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tahun 2024 ini, Kabupaten Sumbawa...

Kabupaten Sumbawa Dapat Tambahan 22.920 Tabung LPG Subsidi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa mendapatkan tambahan 22.920...