Waspada DBD! Masyarakat Dihimbau Lakukan PSN

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa mencatat sebanyak 348 kasus positif Demam Berdarah Dengue (DBD) priode Januari hingga pertengahan Desember 2021 ini. Dari jumlah tersebut, 4 kasus meninggal dunia yang didominasi usia anak-anak.

“Dari Januari sampai sekarang tahun ini secara total sudah 348 kasus. 4 kasus meninggal dunia tersebar di 4 Kecamatan yakni Labuhan Badas, Buer, Sumbawa dan Moyo Hilir,” kata Kepala Dikes Sumbawa Junaedi, S.Si., A.Pt, M.Si., didampingi Kabid P3PL H. Sarip Hidayat, SKM, MPH, Selasa (21/12/2021) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, berdasarkan pengamatan dari tahun ke tahun, trand peningkatan kasus terjadi mulai Desember, Januari hingga puncaknya di bulan Februari. Mengingat, bulan-bulan tersebut memasuki musim penghujan. Sehingga, berpotensi tenjadinya genangan air menjadi tempat nyamuk berkembangbiak.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

“Dari Januari mulai naik, puncaknya Februari, kemudian Maret mulai turun dan seterusnya, Desember mulai naik. Sekarang tercatat 10 kasus, November hanya 2 kasus. Penyebab peningkatan kasus di bulan-bulan ini karena musim penghujan. Ketika banyak air tertampung, ada banyak potensi-potensi genangan air jadi tempat mereka (nyamuk) berkembang biak,” jelasnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk mejaga lingkungan tempat tinggalnya masing-masing melalui aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Aksi ini bisa dilakukan dengan gerakan 3M yakni menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air. Menutup rapat-tapat tempat penampungan air. Dan mengubur barang bekas yang berpotensi dapat menampung air.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

“Kalau foging hanya membunuh nyamuk dewasa tidak mematikan jentik. Melalui PSN inilah jentik nyamuk bisa dihilangkan tidak berkembang menjadi nyamuk dewasa,” terangnya.

Ia menambahkan, terhadap pencegahan dan penanganan DBD, pihaknya telah mengeluarkan instruksi kepala Dinas ditujukan kepada seluruh Kepala Puskesmas agar berkoordinasi dengan kecamatan dalam upaya pecegahan DBD di wilayah masih-masing, disamping akan diterbitkan himbauan Bupati.

“Ini dalam proses surat himbauan Bupati ditujukan kepada seluruh Camat, sampai RT untuk bersama-sama melakukan aksi PSN. Kita Dinas sudah lebih dulu mengeluarkan istruksi kepada kepala puskesmas,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Kabupaten Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa...