Forum Disabilitas Sumbawa Peringati HDI Tahun 2021

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Forum Disabilitas Kabupaten Sumbawa memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati, Jumat (03/12/2021) pagi.

 

“Alhamdulillah kami bersyukur untuk kegiatan hari ini luar biasa. Ini baru pertama kami langsung yang menyelenggarakan, kemungkinan besar di NTB pertama kali teman-teman disabilitas sendiri yang menyelenggaran untuk Hari Disabilitas Internasional ini,” kata Baiq khadijah, Koordinator Disabilaitas Kabupaten Sumbawa, kepada wartawan.

 

Dijelaskan, peringatan HDI Tahun 2021 ini, didukung oleh Yayasan Plan Internasional. Plan International adalah sebuah organisasi pembangunan dan kemanusiaan independen yang berkarya di 71 negara di seluruh dunia, yang meliputi Afrika, Amerika dan Asia untuk memajukan hak anak dan kesetaraan bagi perempuan.

 

Kegiatan dibukan oleh Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., diikuti oleh sekitar 100 lebih anggota disabilitas. Kegiatan dilaksanakan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

 

Diterangkan, peringatan HDI Tahun ini diisi dengan beberapa kegiatan. Diantaranya, jalan sehat, donor darah, pijat gratis, dorprize khusus disabilitas dan Belajar Bahasa Isyarat (Basindo). Selain itu, juga digelar tak show bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Sumbawa. Selanjutnya, acara puncak pada tanggal 7 Desember, diisi dengan diskusi bersama Pemerintah Daerah.

 

“Kegiatan bukan hari ini saja, ada juga kegiatan puncaknya tanggal 7 nanti ada diskusi dengan Pemda, dan nanti malam negadakan talk show dengan wakil bupati dan ketua DPRD. Untuk tahun depan kita akan laksanakan lebih dari ini,” ungkapnya

Baca juga:  Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

 

Baiq Khadijah yang juga Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kabupaten Sumbawa ini, ngungkapkan, secara umum Pemeritah telah membuka mata dan memberi ruang kepada penyendang disabilitas. Hal ini terlihat dari beberapa pelayanan publik ramah disabilitas, meski belum maksimal.

 

Melalui peringtan HDI ini, ia berharap kaum disabilitas dapat diterima dengan baik dan tidak dipandang sebelah mata di tengah-tengah masyarakat. “Sebenarnya satu kata-kata kami, kami tidak ingin dikasihani tapi beri kami kesempatan untuk membuktikan bahwa kami bisa. Kami ingin merubah stigma masyarakat tentang kami bahwa jangan dipandang sebelah mata, kami juga mampu untuk menjalankan kehidupan sehari-hari tanpa ada bantuan dari orang lain,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Koramil 06/Lape Tebar 1.000 Bibit Pohon Asam di Wilayah Tandus

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Koramil 1607-06/Lape, yang dipimpin oleh...

Momen Idul Adha 1445 H, Polres Sumbawa Potong Puluhan Ekor Hewan Kurban

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Momentum di Hari Raya Idul...

Satuan Polairud Polres Sumbawa Peringati World Oceans Day 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hari Laut Sedunia atau World...

Sat Pol Airud Polres Sumbawa Baksos Di Pantai Kencana

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Satuan Kepolisian Perairan dan Udara...