Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022 Direncakan Bertambah

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa, diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Hasan Basri, MM., menghadiri Rapat Paripurna di Ruang Rapat Utama Kantor DPRD, Senin (15/11/2021) pagi.

Dalam peripurna tersebut, Sekda menyampaikan Penjelasan Bupati Sumbawa Terhadap Rancangan Peraturan Daerah, Tentang Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2022.

Dalam penjelasannya yang disampaikan Sekda, Bupati mengatakan bahwa, tema pembangunan Kabupaten Sumbawa Tahun 2022 yaitu, Pembangunan Daerah yang Inklusif, dalam rangka Mewujudkan Masyarakat yang Sehat, Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Menjaga Kualitas Infrastruktur.

Adapun sasaran dari tema tersebut menurut Bupati, yaitu, pertumbuhan ekonomi sebesar 3,5 – 4,5%, tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,19%, inflasi sebesar 3,0-4,0%, rasio gini sebesar 0,329, indeks pembangunan manusia sebesar 69,39 dan tingkat kemiskinan sebesar 12,77%.

Baca juga:  Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Dikatakan, pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp.1,79 triliun, bertambah sebesar Rp. 116,94 milyar, atau naik sebesar 7,00% dari pendapatan pada APBD tahun anggaran 2021, yang ditetapkan sebesar Rp.1,67 triliun.

Sementara untuk belanja daerah, jelasnya, direncanakan sebesar Rp. 1,81 triliun, bertambah sebesar Rp.137,57 milyar, atau naik sebesar 8,22%, dibandingkan APBD tahun anggaran 2021 yang ditetapkan sebesar Rp.1,67 triliun. Berdasarkan rencana pendapatan dan belanja tersebut, maka tercatat defisit anggaran sebesar Rp. 23,71 milyar, tambahnya.

Baca juga:  Pemda Beri Penghargaan Pada Pendukung Program Penurunan Stunting di Kabupaten Sumbawa

Di depan Pimpinan dan Anggota DPRD, Bupati sangat berharap, pembahasan dapat dilanjutkan ke tingkat pembahasan berikutnya, hingga dicapai persetujuan bersama, dalam batas waktu yang sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan daerah.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap pimpinan daerah dan seluruh komponen masyarakat, yang telah bersama-sama menciptakan dan mempertahankan suasana kondusif, sehingga penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan lancar. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Serahkan Santunan JKK untuk Pegawai Pemda Sumbawa Non ASN

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud...

Bupati Sumbawa Rakor Pemantauan Inventarisasi Data, Permasalahan Kelembagaan dan Pelayanan Publik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – dalam rangka pemantauan inventarisasi data...

Progres Pengerjaan Dermaga Apung Desa Labuhan Jambu Lampaui Target

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pembangunan Dermaga Apung Desa Labuhan...

Dislutkan Sumbawa Masifkan Sosialisasi Pencegahan Destruktif Fishing

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan)...