Libatkan Wabin, Lapas Sumbawa Bakal Kembangkan Agrowisata

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Lembanga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sumbawa Besar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemsnkumham) Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal mengembangkan Agrowisata di lahan seluas 24 hektar.

 

Agrowisata di area Sarana Asimilasi dan Edukasi Ai Maja, lingkungan Lapas Sumbawa ini, akan melibatkan Warga Binaan (Wabin) dalam pengolaannya.

 

“Ke depan tempat ini kita akan menjadikan agrowisata. Nanti kita undang sekolah, kita ajak siswa merasakan sensai minum madu trigona langsung di lokasi. Sambil jalan kita bangun juga fasilitasnya,” kata M Fadli Kepala Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, pada kegiatan media gathering, Senin (04/10/2021) di komplek Lapas Sumbawa.

Baca juga:  Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Gelora Sumbawa Cari Pasangan BJS

 

Dikatakan, lahan yang selama ini disewakan kepada petani, kini mulai dimanfaatkan secara mandiri oleh Lapas. Di lokasi tersebut, saat ini telah ditanai sejumlah tanaman, seperi sayur-mayur, hingga buah-buahan. Semua itu, melibatkan warga binaan Lapas Sumbawa.

Baca juga:  Disos Sumbawa Jadwalkan Verivali Penerima Kube 2024

 

Dijelaskan, hasil dari pengembangan semua ini nantinya akan dibagi sesuai dengan aturan yang berlaku. Pertama untuk, Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pembangunan Kantor, dan tidak kalah penting, bisa menjadi menjadi tabungan warga binaan, akan diberikan sebagai bekal saat bebas nanti.

 

“Untuk menjungan program ini, kita akan bangun fasilitas pendukung. Kita juga butuh sumur bor untuk pengairannya, dan Jalan Usaha Tani (JUT) sebagai akses jalan,” tandasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

24 Anggota Panwascam Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com -  Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas...

MXGP 2024 di Kabupaten Sumbawa Batal? Begini Kata Wabup

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi...

Masa Jabatan 155 Kades dan 915 BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang jadi 8 Tahun

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - 155 orang kepala desa dan...

Forum PSDAT Kabupaten Sumbawa Dorong Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Rapat Forum Pengelolaan Sumber Daya...