Warga Alas Barat Butuh Bendungan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com, – Potensi lahan pertanian di kecamatan Alas Barat cukup menjanjikan. Sebagian besar lahan produktif ditanami padi, palawija. Sementara dibidang perkebenunan seperti di agro Ai jati ditanami jagung dan mangga yang produksinya sudah menembus pasar domestik dan lokal. Meski cukup menjanjikan, petani diwilayah Alas Barat masih kesulitan pasokan air terutama disaat Musim Tanam II. Keberadaan bendungan bisa menjadi solusi bagi naiknya angka produksi pertanian.

‘’Bendungan skala besar menjadi solusi peningkatan angka produksi pertanian wilayah Alas Barat dan sekitarnya,’’terang sekretaris DPD PAN Kabupaten Sumbawa, Lukmanul Hakim, S.Ap, yang juga warga Alas Barat ini, Senin (30/10).

Baca juga:  Pertamina Patra Niaga Salurkan Tambahan 266.140 Tabung LPG 3 kg di NTB Jelang Idul Adha

Jika diwilayah kecamatan Utan ada Bendungan beringin Sila, Di Alas Ada Bendungan Marente terang pria kelahiran Mapin Kebak ini, sudah saatnya pemerintah memikirkan Bendung Alas Barat yang sumber airnya berasal dari Tiu Sabangka.

Bendungan Tiu Sabangka nantinya akan mampu mengairi lahan pertanian di delapan desa di Alas Barat. Mengapa kebutuhan bendungan begitu mendesak terangnya, selain untuk peningkatan produksi pertanian, ada juga ratusan hektar lahan sawah baru yang membutuhkan pasokan air.

Baca juga:  Pertamina & TCC Nipah Raih Penghargaan Kalpataru 2024

“akan percuma hasil cetakan program sawah baru jika tidak ditopang oleh keberadaan sumber air yang baik,’’ujarnya.

Embung Tiu Bulu yang beroperasi saat ini, ujarnya belum mampu menjangkau lahan sawah baru yang berada di lenang Kukin, Baramayung, dan daerah perkebunan Ai Jati. Begitu juga dengan program sumur bor belum begitu maksimal mendukung aktifitas pertanian masyarakat.

“Kami berharap pemerintah bisa melakukan kajian menyeluruh tentang sumber air pertanian diwilayah Alas Barat jika ingin meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (KS/Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pertamina & TCC Nipah Raih Penghargaan Kalpataru 2024

Lombok Utara, Kabarsumbawa.com – Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus...

Pertamina Patra Niaga Salurkan Tambahan 266.140 Tabung LPG 3 kg di NTB Jelang Idul Adha

Mataram, Kabarsumbawa.com - Jelang Idul Adha, Pertamina Patra Niaga...

Semua Stasiun Pengisian Bulk Elpiji di NTB Dipastikan Sesuai Standard

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan seluruh...

Agar Subsidi Tepat Sasaran, Warga NTB Wajib Tunjukan KTP Beli LPG 3 Kg

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga terus berusaha meningkatkan...